BirokrasiHeadline

Warga Tapal Kuda Mendukung Jenderal Andika Perkasa

BANYUWANGI, TI – Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan pihaknya segera merespons Surat Presiden (Surpres) tentang calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dengan menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) pada 4-5 November 2021. Tes akan dilakukan oleh Komisi I DPR.

“Begitu Surpres diterima hari ini, Badan Musyawarah DPR langsung menggelar rapat dan menjadwalkan fit and proper test calon Panglima TNI besok (Kamis) sampai dengan Jumat,” kata Puan di Jakarta, Rabu (3/11/2021).

Bamus DPR, kata Puan, juga memutuskan hasil uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI akan segera dibawa ke Rapat Paripurna DPR pada 8 November 2021.

“Jadi dalam 5 hari ke depan sudah ada keputusan DPR untuk calon Panglima TNI,” kata Puan.

Sesuai UU TNI, persetujuan DPR RI terhadap calon Panglima yang diusulkan oleh Presiden, disampaikan kepada Presiden paling lambat 20 (dua puluh) hari, tidak termasuk masa reses, terhitung sejak permohonan persetujuan calon Panglima diterima oleh DPR RI.

“Jadi kalau prosesnya bisa lebih cepat, tentu lebih baik,” kata Puan.

Sementara itu Advokat Gigih Bijakso Pranoto,SH, Sekretaris DPC KAI Bondowoso mengatakan sosok Jenderal Andika Perkasa sudah digadang-gadang sejak lama.

“Pilihan yang sangat tepat, beliau memenuhi segala unsur kriteria dan persyaratan seorang panglima,” paparnya.

Pengamat Intelijen, Aris Fiana, menambahkan bahwa Jenderal Andika Perkasa sangat cocok menjadi Panglima TNI.

“Kemampuan pribadi yang dimiliki sangat lengkap. Salah satu sisi kemampuan itu adalah memiliki manajemen militer tempur dan intelijen. Juga diplomasi militer yang sangat baik, yang sangat dibutuhkan di tubuh militer dan pertahanan strategis negara,” ungkap Aris saat diwawancarai di pintu keluar Bandara Rogojampi Banyuwangi.

Dari Besuki, MA Sahran, tokoh masyarakat setempat mengatakan Jenderal Andika Perkasa figur yang mumpuni dan paham perkembangan dan dinamika internasional.

“Beliau itu layak dari pengalaman segi intelijen dan relijiusnya. Militer Indonesia akan semakin kuat, akan jadi kebangkitan (militer-red) Indonesia masa mendatang,” tandas Gus Mas, sapaan akrabnya. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button