Birokrasi

Vicon dan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat Musi 2023

BATURAJA – Pada hari Selasa tanggal 11 April 2022 sekira pukul 09.30 Wib bertempat di Gedung Multimedia Wicaksana Laghawa Polres OKU telah berlangsung kegiatan Vidcon rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka kesiapan menghadapi idul fitri 1444 H/Tahun 2023 di wilayah Hukum Polda Sumsel.

Kegiatan Vidcon rapat koordinasi lintas sektoral dibuka secara luring oleh Kapolda Sumsel, IRJEN POL A. RACHMAD WIBOWO., S.I.K dan dikuti oleh :

– Pangdam II Sriwijaya MAYJEN TNI HILMAN HADI.,S.I.P., M.B.A., M.Han
– Wakapolda Sumsel, BRIGJEN POL M. ZULKARNAIN.,S.I.K, MH
– Assisten III Setda Pemprov Sumsel KURNIAWAN AP.M.SI
– Kepala OPD Provinsi Sumsel
– Kepala BUMN/BUMD Provinsi Sumsel
– PJU Polda Sumsel
– Kapolres jajaran wilayah Polda Sumsel.

Kegiatan Vidcon diikuti oleh Unsur Forkopimda Kab. OKU :

– Kapolres OKU AKBP ARIF HARSONO.,S.I.K, MH
– Wakapolres OKU, KOMPOL FARIDA APRILLAH, SH
– Pasiops Kodim 03/04 OKU
– Sekda Kab. OKU DARMAWAN IRYANTO, S.Sos., M.Si.
– Sekretaris Kesbangpol OKU, NOPIAN ARDI, SE
– Kadishub OKU, FIRMANSYAH, M.SI
– Kadinkes OKU, ANDY PRAPTO, S.KM, MM.
– Kepala BPBD OKU, AMZAR KRISTOFA,
– Kadinsos OKU, SYAIFUL KAMAL
– Kabag Kesra, KADARISMAN, S.AG.
– Kabag Ops Polres OKU, KOMPOL LISWAN NURHAPIS, SH
– Para Pimpinan BUMN, BUMD dan BUMS Kab.OKU

Adapun sambutan dalam kegiatan Rakor lintas sektoral yaitu sebagai berikut :

▪︎ Kapolda Sumsel, IRJEN POL A. RACHMAD WIBOWO., S.I.K

– Rapat Koordinasi lintas sektoral ini dilaksanakan sebagai persiapan teksnis dalam menghadapi arus mudik dan arus balik pada perayaan hari Raya Idul fitri 1444 H di wilayah Hukum Polda Sumssl.
– Dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1444 H Tahun 2023 diperlukannya pemetaan pos seperti tempat-tempat yang memungkinkan terjadinya kemacetan, jalan-jalan yang rusak serta wilayah yang memiliki isu rawan kecelakaan.
– Kepada Kapolres jajaran agar cek dan ingatkan kembali anggota untuk menjaga kondisi fisik selalu prima selama bertugas.
– Dihimbau kepada masyarakat agar menyiapkan kondisi fisik dan kendaraan pada saat mudik dan arus balik untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.
-intinya tugas bersama adalah menjaga Arus lalu lintas agar lancar tertib dan aman, serta memberikan perilaku yang baik dalam melayani masyarakat.

▪︎ Pangdam II Sriwijaya MAYJEN TNI HILMAN HADI.,S.I.P., M.B.A., M.Han :

– Apresiasi kepada Polda Sumsel dan jajaran yang telah melakukan persiapan dalam menghadapi arus mudik dan balik tahun 2023 dengan baik sehingga diharapkan nanti masyarakat aman dan nyaman sampai ke kampung halaman.
– Pada Prinsipnya Kodam II SWJ siap mendukung dan membantu Keperluan dalam rangka pengamanan arus lalu Lintas guna menghadapi hari raya idul fitri 1444 H, termasuk mengirimkan sejumlah personil bila dibutuhkan.
-Semoga kegiatan yang akan dilaksanakan dapat berjalan lancar dan Aman.

▪︎ Assisten III Setda Pemprov Sumsel KURNIAWAN AP.M.SI :

– Kegiatan Mudik merupakan tradisi umat muslim untuk bersilaturahmi dan berkumpul dengan kelurga di kampung halaman, untuk itu kita jangan hanya terpaku pada arus mudik dan arus balik, tapi kita juga pikirkan keamanan masyarakat tersebut ketika di kampung halamannya.
– Pesan kepada masyarakat agar menjaga ketertiban selama melakukan mudik.
– Pada pengamanan Idul Fitri ini, unsur kepolisian saja tidak bisa bekerja sendiri apabila tidak dibantu oleh unsur terkait lainnya, untuk itu Polri tetap menjadi leading sector sehingga masing-masing dapat terkoordinir dengan baik.
– Jangan terpaku dengan arus transportasi darat, ada juga transportasi jalur perairan yang tetap menjadi perhatian kita.
– Ditekankan kepada petugas pengamanan agar mengedepankan pendekatan persuasif layani masyarakat dengan baik, jangan sampai ada keluhan dari masyarakat atas pelayanan yang kurang memuaskan.

Kegiatan Vidcon rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka kesiapan menghadapi idul fitri 1444 H/Tahun 2023 di wilayah Hukum Polda Sumsel berakhir sekira pukul 11.00 Wib, selama kegiatan berlangsung terdapat situasi aman dan kondusif.

Selanjutnya dalam kegiatan Rakor tersebut Kabag Ops Polres OKU Kompol LISWAN NURHAPIS, SH memaparkan Kesiapan apa saja yang harus dilaksanakan oleh Polres dan Steakholder salah satunya penempatan personel pada Pos Pam dan Pos Yan dengan tujuan menjaga keamanan Masyarakat dalam melaksanakan perayaan Idul Fitri dan arus mudik. Untuk Ops Ketupat Musi 2023 akan dimulai pada tanggal 18 April 2022 s/d 01 Mei 2023.( Alv )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button