BirokrasiHeadline

Transformasi JAJ Menjadi JEJAK, Launching Bersama Kapolres dan Dandim di Ledokombo

JEMBER – Kapolres Jember AKBP. Hery Purnomo S.I.K, S.H, bersama Dandim 0824 Jember Letkol Inf Batara C Pangaribuan S.E, Muspika, Kades, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat juga hadir dalam rangka acara Bansos Santunan 100 Anak Yatim dan Dhuafa bertempat di rumah Baginda Bagus Hermanto, selaku Ketua Komunitas JAJ (Jegeh Apik’e Jember), di Dusun Krajan RT 01 RW 01 Desa Sumberanget Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember.

Acara Bansos Santunan 100 Anak Yatim dan Dhuafa sekaligus menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan 1443 H, dengan membagikan 100 Ayat Suci Alquran kepada pengurus Masjid dan Mushollah. Dalam hal ini kegiatan Bansos Santunan Anak Yatim dan Dhuafa Ketua JAJ, Baginda Bagus Hermanto sudah banyak dikenal kalangan Komunitas, Medsos maupun di kalangan masyarakat umum dan instansi se Kabupaten Jember.

Baginda Bagus mengatakan, berlangsungnya kegiatan Bansos Santunan 100 Anak Yatim memberikan kata sambutan sebagai tuan rumah khususnya kepada Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo S.I.K, S.H, dan Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Batara C Pangaribuan S.E, sebagian dari kehormatan Keluarga Besar JAJ.

“Alhamdulillah pada siang hari ini kita bisa berkumpul bersama Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo S.I.K, S.H, juga Dandim 0824 Jember Letkol Inf Batara C Pangaribuan S.E, dalam acara kegiatan Bansos Santuan 100 Anak Yatim Piatu dan tokoh masyarakat Desa dan Kecamatan Ledokombo.

Bahwa kegiatan ini murni dari Kapolres Jember yang bersinergi dengan komunitas dibawah,” ungkap Baginda.

“Bapak Kapolres Jember dan Dandim 0824 Jember dalam rangka mengingatkan kita dalam kegiatan-kegiatan untuk Kamtibmas Kabupaten Jember yang kondusif. Dan beliau-beliau ini selalu beristiqomah memberikan waktu dalam kegiatan, memberikan manfaat pada masyarakat maupun untuk Bangsa dan Negara,” katanya.

Dan kata dia, barusan kita sisihkan semua yang hadir, disini juga yang hadir saat melakukan vaksinasi beliau melakukan program vaksinasi serentak seluruh Indonesia. Beliau melakukan zoom meeting bersama bapak Kapolri. Alhamdulillah dengan keterbatasan waktu yang tersedia beliaunya proses vaksinasi dan Bansos Santunan Anak Yatim pada siang hari ini bisa berjalan lancar, tertib dan kondusif.

“Dan saya sekaligus menyampaikan pesan moral kepada beliau berdua karena sesungguhnya beliau ujung tombak pimpinan tertinggi Jember untuk cipta kondisi Jember berdua bersama bapak Bupati,” ujarnya.

Mari kita saat ini sadar dan berdekatan untuk membantu mendukung setiap program Polres Jember dan Kodim 0824 Jember, dan dimana beliau sangat luar biasa, hampir setiap hari beliau berdua turun ke masyarakat dan tidak rumit-rumit beliau berdua dan tidak pakai birokrasi. Jadi kalau berpentingan masyarakat beliau ini selalu cepat dan tanggap langsung turun.

Dan giat Polres Jember ini dilaksanakan selalu istiqomah rutin dengan kegiatan-kegiatan dalam kemanfaatan terhadap masyarakat jember khususnya dan masyarakat indonesia umumnya. Silaturahim membangun komunitas, koordinasi, sinergi dengan berbagai eleman masyarakat Kabupaten Jember menjadi lancar aman dan kondusif.

“Alhamdulillah pemerintah desa hadir disini memberikan sumbangsih partisipasi dalam Cipta Kondisi, setulusnya bapak Kapolres bersama Dandim yang sudah meluangkan waktu hadir di sini tempat walaupun ini program beliau berdua, kami menfasilitasi di bawah ini bersinergi Komunitas JEJAK (Jegeh Jember Aman dan Kondusif),” tukas Indra, aktivis JAJ yang berasal dari Semboro.

“Jejak (Jegeh Jember Aman dan Kondusif), ini jargon Kapolres Jember Ndan Hery Purnomo, dan dimana bapak Kapolres bisa hadir disini, dan tetap dalam kegiatan bersama sama mewadahi untuk menabur benih-benih kebajikan untuk Bangsa dan Negara. Dan pesan beliau tujuan beliau hidup rukun kompak harmonis dengan yang lain,” imbuh Indra.

“Tolong, mungkin ibu-ibu dan bapak-bapak yang hadir disini mungkin putra-putra panjenengan ikut Organisasi Pencak Silat, di Ledokombo ini banyak perguruan pecak silat yang mana saat ini beliau akan membentuk Forum Silaturahmi atas perguruan pecak silat di Kabupaten Jember, yang kemudian fokuskan di wilayah kecamatan,” pesannya.

“Dan dalam hal ini bapak Kapolsek dan Danramil dan bapak Camat tentunya bersama kami dan tokoh masyarakat perguruan pecak silat di masing-masing wilayah. Alhamdulillah sampai saat ini dengan waktu yang tidak lama lagi seluruh forum silaturahmi, seluruh wadah yang diinginkan oleh beliau terbentuk se-Kabupaten Jember,” katanya.

Kapolres Jember AKBP Hary Purnomo S.I.K, S.H, mengucapkan banyak rasa terima kasih dengan terselenggaranya kegiatan Bansos Santunan Anak Yatim oleh Baginda Bagus. Dalam hal ini Santunan Anak Yatim dan Silaturrahmi marilah kita selalu bertawaqal kepada Allah SWT, saat menjelang ramadhan ini.

Dan banyak hal yang terjadi di wilayah Jember khususnya maupun di wilayah Indonesia yang lain, salah satunya program saat ini terkait dengan keadaan Covid. Kita masih ada beberapa saudara-saudara kita ini di wilayah Jember ini ada 33 orang yang hari ini di lakukan perawatan karena terkena Covid.

“Dan jangan senang dulu, jangan euforia berlebihan, karena masih ada dan mengancam. Dan kalau kita lihat bersama saatnya kalau habis lebaran itu angka Covid akan meningkat. Untuk itu kami bersama bapak Dandim melalui kesehatan dan kecamatan untuk menghimbau kepada masyarakat untuk bisa melaksanakan Vaksin secara lengkap,” tegas Kapolres.

“Nanti didalam pelaksanaan keagamaan dalam ramadhan nanti bapak ibu sekalian tetap sehat, sholat walaupun bersama-sama dilaksanakan di masjid atau nanti tidak mengurangi potensi terkena Covid-19. Dan perlu diingat bapak ibu sekalian bahwa Covid itu tidak akan berjalan dengan sendirinya, dia akan menumpang dan menempel ke manusia,” imbuhnya.

Dan kalau yang sholat belum vaksin, kemudian ketemu yang lain sudah di vaksin, yang divaksin aman, yang belum divaksin bisa kena Covid, kalau sudah kena Covid pasti resikonya meninggal dunia, jadi ini tidak kami harapkan bersama.

Selanjutnya Polres Jember memiliki program terkait Harkamtibmas dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat yang selalu dilakukan secara simultan dan sinergi antara pemerintah kabupaten, kemudian dari Kodim, Polres dan melibatkan seluruh eleman unsur-unsur yang ada di masyarakat.

“Dan yang menjadi kunci adalah apa bila kita sudah aman, insyallah untuk bisa sejahtera akan lebih mudah. Tapi kalau tempat wilayahnya tidak aman orang usaha juga sulit. Oleh karena itu kami minta dukungan bapak ibu sekalian supaya nanti ikut serta menjaga Kamtibmas yang ada di wilayahnya,” harap Kapolres pada acara tersebut.

Dan kalau ada masalah, katanya, silahkan bisa datang ke Koramil, boleh datang ke Polsek, dan boleh di sampaikan ke Kadesnya atau ke Camatnya, sebisa mungkin masalah yang ada di selesaikan di tingkat yang paling bawah dulu. Dan kalau di desa tidak bisa, bisa di bawa kecamatan, kalau masih tidak bisa, silahkan laporkan nanti kita sama-sama mencari solusi bersama di tingkat yang lebih atas.

Sehingga kita bisa melakukan upaya-upaya deteksi di awal bisa menyelesaikan masalah di tingkat bawah, dan tidak melebar kemana-mana cepat selesai masalahnya sehingga tidak ada berkembang yang macam-macam.

Kemudian program-program ini salah satu bagian dari kami untuk bisa bertatap muka bapak ibu sekalian. Dan ini juga program untuk tegur sapa saling membantu, sehingga kegiatan ini ini sebisa mungkin membawa hal yang ditiru oleh rekan-rekan yang lain dan mampu bisa berbagi terhadap sesama.

“Utama anak yatim ini adalah aset bangsa, di tangan kita mereka-merekalah yang akan berkembang, kalau tidak dibina dan tidak di awasi tidak dibantu, otomatis susah nanti tidak bisa berkembang. Harapan kami program yang berjalan ini semoga bisa membantu khususnya adik-adik semuanya yatim piatu, dan kemudian bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak,” ucapnya.

“Dan kami ucapkan terima kasih banyak untuk panitia yang selama ini bergerak di bidang Sosial Kemanusiaan. Memang pergerakan-pergerakan seperti inilah yang harus selalu ada di masyarakat. Dan kami bukan asli orang Jember tetapi kami memiliki kecintaan Jember ini, oleh karena itu ayo kita bareng-bareng supaya jember ini kedepan bisa lebih maju dalam bingkai demokrasi yang harmonis,” papar Hery Purnomo.

Dandim 0824 Jember Letkol Inf Batara C Pangaribuan, menambahkan pada intinya kami menghimbau pada masyarakat Ledokombo selalu melakukan kebajikan, kami dari Polri dan TNI siap mendampingi bapak ibu sekalian, dan kami menyampaikan dengan adanya Koramil, adanya Polsek, adanya Kodim, adanya Polres itu merupakan rumah bapak ibu sekalian.

“Alhamdulillah kegiatan Bansos Santunan Anak Yatim berjalan dengan lancar, dan ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Baginda Bagus Hermanto dan kami berharap tetap bersemangat dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan Sosial Kemanusiaan untuk kebajikan dan sekaligus menyambut ramadhan, dan semoga semua menjadikan sebagai amal ibadah,” pungkas Batara. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button