Pendidikan

Teaching Factory, Upaya SMK YP 17 Jombang Menjalankan Program Pusat Keunggulan

Jember – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) YP 17 Jombang telah menggelar workshop berjudul “Pemanfaatan sarana dan prasarana pendukung Penyelenggaraan Teaching Factory” sebagai bagian dari upaya mereka untuk memperkuat pembelajaran berbasis industri. kegiatan workshop ini dilaksanakan pada tanggal 20-22 Oktober 2023. Kegiatan ini adalah inisiatif dari SMK YP 17 Jombang dalam menjalankan program SMK Pusat Keunggulan.

Teaching Factory adalah konsep pembelajaran yang menggabungkan teori dan praktek industri di sekolah. Dalam hal ini, SMK YP 17 Jombang didampingi oleh Pintar Bersama Daihatsu (PBD), yang merupakan salah satu perusahaan otomotif terkemuka. Program ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa SMK YP 17 Jombang untuk memasuki dunia kerja dengan kemampuan softskill dan hardskill yang kuat.

Bapak Kamsuri S.Pd, sekretaris PBD, dipercayakan sebagai pemateri utama dalam program Teaching Factory. Beliau memiliki pengalaman yang luas dalam industri otomotif dan akan memberikan pengetahuan berharga kepada siswa SMK YP 17 Jombang.

Dalam kegiatan pembukaan workshop Teaching Factory, Ibu Evi Lukitasari menyampaikan, “Kami sangat bersemangat untuk mengikuti workshop Teaching Factory ini. Kami percaya bahwa dengan mengintegrasikan pengajaran dalam kelas dengan pengalaman dunia nyata, siswa kami akan lebih siap untuk menghadapi tantangan di industri. Kami berterima kasih kepada Pintar Bersama Daihatsu dan Bapak Kamsuri atas dukungan mereka dalam program ini.”

Program Teaching Factory di SMK YP 17 Jombang mencakup softskil, hardskill dan keterserapan (recruitment). Para siswa akan belajar menggunakan peralatan dan teknologi terbaru yang digunakan di industri otomotif, sehingga mereka dapat merasakan bagaimana proses kerja sesungguhnya di industri.

Selain itu, program ini juga menyediakan kesempatan bagi siswa untuk melakukan magang di mitra industri tefa SMK YP 17 Jombang, di mana mereka dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh selama pembelajaran Teaching Factory.

Program Teaching Factory di SMK YP 17 Jombang merupakan contoh nyata dari kolaborasi antara dunia pendidikan dan industri, yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan SMK yang siap kerja. Dengan dukungan dari Pintar Bersama Daihatsu dan pemateri berpengalaman seperti Bapak Kamsuri, program ini diharapkan akan memberikan manfaat besar bagi siswa SMK YP 17 Jombang dalam mempersiapkan masa depan mereka di dunia kerja.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button