Ekonomi BisnisHeadline

Soft Launching Warung Kuning, Tonggak Ekonomi Mikro Partai Golkar

JEMBER, TI – Rangkaian soft launching warung kuning di Desa Bangsalsari, Kecamatan Bangsalsari kemarin (11/11) dipimpin anggota DPRD Provinsi Jatim yang juga Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Jember Karimullah Dahrujiadi, bersama entrepreneur senior Tino Cahyono, politisi gaek Dima Akhyar dan aktivis flamboyan Nurdiansyah Rachman.

Soft launching warung kuning ini sebagai upaya untuk memperkuat pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). “Program ini berangkat dari gagasan teman-teman Golkar Jember,” ujar Haji Karim, sapaan akrab Ketua Partai Golkar Jember.

Dari situlah kemudian mereka berempat melakukan komunikasi membangun kerjasama. Rencana tahap awal di Dapil 6 khususnya untuk warung kuning. Harapannya, mudah-mudahan bisa mengangkat kesejahteraan masyarakat dan terbangun sinergitas antara warung kuning dengan pegiat-pegiat usaha yang lain di sekitar.

“Target untuk warung kuning banyak, untuk sementara bagaimana gagasan yang dicanangkan oleh teman-teman Golkar sukses dulu. Kita evaluasi apa yang menjadi kekurangan salah satunya sisi managemen,” katanya lagi.

Sementara itu aktivis flamboyan Nurdiansyah Rachman merasa bangga dan berkali-kali mengucap syukur karena respon Haji Karim yang cepat tanggap atas inovasi ini.

“Warung kuning original ide saya. Hal itu karena saya melihat kondisi UMKM yang masih banyak mengalami kendala terutama sektor manajemen, permodalan dan pasar. Berangkat dari realita itu saya luncurkan warung kuning dengan tujuan menciptakan pasar bagi para pelaku UMKM yang ada di Jember,” ungkap Cak Nung, panggilan akrab Wakil Ketua Bidang Seni Budaya dan Pariwisata DPD Golkar Kabupaten Jember ini.

Warung kuning, katanya, pada tahap awal tahun 2022 akan diluncurkan 100 unit yang akan disebar di 31 kecamatan. “Harapannya warung kuning pada 2023 sudah menyebar di 248 desa dan kelurahan. Warung kuning ini kita harapkan bisa mendongkrak ekonomi rakyat yang dikelola secara profesional,” imbuhnya.

Dari kawasan utara Jember, Ketua PK Golkar Jelbuk, Yoyon Sumaryono alias Pak Aldo berpesan agar inovasi warung kuning bisa merambah daerahnya.

“Warung kuning memang ikonik, bisa jadi penanda basis massa partai. Sebagai kawasan batas utara kami siap melakukan sinergi dan kolaborasi atas ide brilian ini. Sentuhan bidang ekonomi mikro yang dilakukan Pak Ketua Haji Karim selalu membuat pengikutnya menjadi bangga,” tandasnya. (Ric)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button