BirokrasiHeadline

Sekolah Anggaran Desa yang Digagas FITRA

LUMAJANG, TI – Dalam rangka memperkuat kelembagaan akuntabilitas sosial masyarakat desa, FITRA (Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran) mengadakan Sekolah Anggaran Desa (SEKAR DESA) yang bekerjasama dengan KOMPAK atas dukungan DAFT Australia, bertempat di Balai Desa Sememu, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang pada Selasa (15/06/2021).

Ginanjar selaku Koordinator Program menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk sharing bersama dan memberikan pemahaman kepada seluruh elemen masyarakat desa untuk Melek Anggaran (Paham Anggaran-red) sebagai langkah menuju desa yang transparan dan akuntabel dalam menjalankan Tupoksinya masing-masing untuk mewujudkan masyarakat yang partisipatif.

“Fitra mempunyai Modul Sekar Desa atau singkatan dari Sekolah Anggaran Desa disusun dengan tujuan memberikan kontribusi terhadap peningkatan kapasitas BPD baik secara individu maupun secara kelembagaan, kepala desa dan perangkat desa, serta lembaga ditingkat desa lainnya, termasuk kelompok perempuan, penyandang disabilitas, anak, lansia, petani, nelayan dan lainnya,” ucap Ginanjar.

Lalu, Anang, Ketua Asosiasi BPD se-Kecamatan Pasirian menegaskan bahwa pentingnya partisipatif masyarakat dalam memahami konsep dan pendekatan perencanaan dan penganggaran ditingkat desa, terutama BPD selaku mitra kepala desa.

“Terkait tugas dan fungsi BPD dalam kegiatan pembangunan desa dalam regulasi UU Desa No. 6 tahun 2014 di jelaskan tupoksi BPD membahas dan menyepakati rancangan peraturan Desa bersama kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa serta melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa,” tegas Anang, ketua asosiasi.

Acara tersebut dihadiri oleh kabid bina pemdes DPMD Lumajang, kasi PMD kecamatan Pasirian, TPP Kecamatan Pasirian, Kades Sememu, Ketua PKK, BPD, Kader posyandu, LKMD, Gapoktan, serta perwakilan organisasi kepemudaan ANSOR.

Editor: Ricky Tumanggor
Publisher: Ali Mahrus

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button