HeadlineHukum dan Peristiwa

Sambil Proses Banding ke PTA Jatim, Massa PHI Demo Pengadilan Agama Jember

JEMBER, TI – Lembaga Pemerhati Hukum Indonesia (PHI) kembali melakukan aksi unjuk rasa di Pengadilan Agama dan DPRD Jember hari ini Kamis (24/3). Kegiatan penyampaian pendapat di muka umum kali ini adalah memperjuangkan aspirasi untuk peninjauan kembali putusan perkara No. 2023/Pdt.G/2021/PA.Jr karena diduga terjadi ketimpangan pada putusan tersebut.

Ketua umum PHI Pusat M.Hasan Basri dalam orasinya mengatakan agar Mahkamah Agung segera mencopot hakim yang memutuskan perkara ini dan memberikan sanksi kepada Ketua Pengadilan Agama Jember. “Karena ini semua adalah tanggung jawab Ketua PA Jember,” ketusnya.

Selanjutnya PHI selaku penasehat hukum penggugat yang tidak mendapat keadilan di PA Jember akan melakukan banding ke PTA (Pengadilan Tinggi Agama) Jawa Timur. “Kami berharap hakim di PTA bisa benar-benar memberikan koreksi terhadap putusan ini sehingga nantinya penggugat mendapatkan keadilan dan kepastian hukum,” imbuh Hasan kepada wartawan.

Sementara itu Korlap aksi Ali Safit Tarmizi mengatakan bahwa kegiatan penyampaian pendapat di muka umum kali ini adalah memberikan apresiasi terhadap Pengadilan Agama Jember agar para hakim lainnya bisa kooperatif dalam menangani kasus. “Kalau terhadap hakim yang menangani putusan perkara seperti yang sudah disebutkan tadi menurut kacamata kami dia tidak paham, ada banyak kejanggalan yang nampak,” keluhnya.

Contoh kejanggalan, lanjut Safit, adanya 3 objek PS. “Kok hanya satu objek yang di PS (Peninjauan Setempat-red),” ungkapnya.

Sesuai pengalaman Safit, baik di PN atau PA lain, adanya PS bertujuan agar mendapatkan kepastian hukum. Selain itu Safit berkilah seharusnya antara Kendaraan dan Rumah harus sama-sama masuk sebagai harta bersama. “Termasuk rumah walet, kami sudah pegang cover note, kok malah dengan entengnya dipatahkan dengan perjanjian lain yang dibawah tangan,” papar Safit geram.

Unjuk rasa Lembaga PHI kali ini berakhir aman terkendali, baik di PA maupun di DPRD Jember. Hampir seratus personel Polres Jember yang mengamankan aksi ini pun tampak tersenyum lega. Beberapa penyidik Polsek yang kenal baik dengan Korlap aksi juga terlihat bersalam-salaman di penghujung kegiatan ini.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button