Pendidikan

Respon ketimpangan sosial di Jember, KOPRI PC PMII Jember launching kan Pos Aduan KOPRI

JEMBER – Pada Sabtu, 25 Agustus 2023 PC Kopri Jember menggelar kegiatan launching Pos Aduan KOPRI.
Anggota tim Pos aduan berjumlah kurang lebih 25 orang, yang merupakan perwakilan dari kelembagaan dibawah naungan PC KOPRI Jember.

Tujuan disahkannya Pos Aduan KOPRI ini adalah untuk mewujudkan profesionalitas pendampingan, menjunjung tinggi harkat martabat kemanusiaan, dan menjadi usaha dalam mewujudkan tercapainya keadilan serta perlakuan yang sama dihadapan hukum.

Untuk mencapai tujuan yang telah disebutkan diatas, tim Pos aduan memiliki 4 divisi yakni :
1. Divisi advokasi dan hukum (berfungsi menganalisa berbagai aturan atau kebijakan yang ada, serta mengkaji segala jenis aturan yang baru)
2. Divisi penyuluhan (berfungsi melakukan sosialisasi dan edukasi dalam upaya pemahaman serta pencegahan segala jenis ketimpangan sosial)
3. Divisi data dan informasi (berfungsi tabulasi data, serta menyimpan informasi secara tertutup)
4. Divisi media dan publikasi (berfungsi sebagai sarana penyampaian pesan kepada khalayak umum)

Ketua Bidang 2 Advokasi dan Gerakan- Friska Febriyana menyampaikan ” Kehadiran Pos Aduan KOPRI menjadi instrumen penting dalam menjawab problematika sosial saat ini serta terciptanya ruang aman, berdasarkan nilai-nilai kemanusiaan.
Sebagaimana tujuan adanya Pos Aduan KOPRI ini untuk melawan ketidakadilan gender yang terjadi dengan menjunjung tinggi harkat manusia untuk mencapai perlakuan yang sama dihadapan hukum.
Oleh karenanya 4 divisi yang telah terbentuk, merupakan instrumen pokok dalam mencapai tujuan yang telah saya jelaskan tersebut.
Tidak bisa kami pungkiri jumlah kasus kekerasan seksual, KDRT, pernikahan dini, perceraian, stunting, dan AKI-AKB masih tergolong tinggi di Jember. ”

Dalam sambutannya Ketua Kopri PC Jember- Kholisatul Hasanah menyampaikan harapan semoga kedepannya, Pos Aduan KOPRI ini bisa berjalan secara progresif dan mampu memberikan kebermanfaatan kepada masyarakat secara luas, Lisa juga mengajak kepada seluruh kader kopri dan masyarakat luas jika menemukan ketimpangan dan ada kekerasan maka langsung #LaporKopri.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button