Wisata dan Kuliner

Prospek Edamame Sumberjambe, Berikut Ahmadi Sang Petani

BONDOWOSO – Kedelai Edamame adalah salah satu jenis kedelai yang berasal dari Jepang. Kedelai ini biasanya dijadikan sebagai makanan ringan atau cemilan di Jepang, dan semakin populer di seluruh dunia. Selain rasanya yang lezat, kedelai edamame juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia.

“Kedelai Edamame memiliki ciri khas yang mudah dikenali, yaitu pada kulit hijau pada kacang kedelai dan biji putih kecil yang terdapat di dalamnya. Biasanya, biji kedelai Edamame disajikan dengan cara merebusnya dan disajikan dengan sedikit garam. Namun, beberapa orang juga menyajikannya dengan cara lain, seperti dikukus, digoreng atau dipanggang,” papar Ahmadi, petani Edamame dari Randuagung Sumberjambe.

Satu porsi kecil dari kedelai edamame mengandung nutrisi yang sangat tinggi, seperti protein, serat, vitamin K, folat, dan zat besi. Protein yang terdapat pada kedelai edamame termasuk jenis protein yang berkualitas tinggi dan mudah dicerna oleh tubuh, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani program diet, vegetarian, atau vegan.

Selain itu, kedelai edamame juga mengandung senyawa alami yang disebut isoflavon. Senyawa ini terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti mengurangi risiko terkena kanker payudara dan kanker prostat. Isoflavon juga dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke, serta meningkatkan kesehatan tulang.

“Selain sebagai camilan sehat, kedelai edamame juga dapat dijadikan bahan dasar untuk berbagai macam makanan, seperti sup, salad, tumis, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kedelai edamame menjadi salah satu bahan pangan yang sangat populer dan dianggap sebagai bahan pangan yang sangat bergizi,” katanya kepada wartawan.

Namun, seperti halnya dengan makanan lain, konsumsi kedelai edamame harus dilakukan dengan bijak. Terlalu banyak mengonsumsi kedelai edamame dapat menyebabkan penumpukan zat asam urat pada tubuh, yang dapat meningkatkan risiko terkena batu ginjal. Selain itu, karena kedelai edamame termasuk dalam jenis kedelai, orang yang memiliki alergi kedelai juga sebaiknya menghindari konsumsi kedelai edamame.

“Kedelai edamame merupakan makanan sehat yang sangat bergizi dan cocok dikonsumsi oleh orang-orang yang membutuhkan asupan protein dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Namun, seperti makanan lainnya, konsumsi kedelai edamame harus dilakukan dengan bijak dan seimbang,” tandas Ahmadi.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button