HeadlineHukum dan Peristiwa

Polres Jember Ringkus Pembuat Cendol Dawet Berbahan Kalsium Karbida

JEMBER, TI – Jajaran Polres Jember berhasil meringkus HL (38) warga asal Desa Darungan Kecamatan Tanggul Jember, Jumat (11/11/2022) siang, pelaku diringkus polisi setelah adanya pedagang di pasar Kepatihan yang melaporkan jika cendol yang dipasok oleh terduga pelaku mencurigakan karena diduga mengandung bahan berbahaya.

Setelah mendapat laporan dari pedagang, dan dilakukan pengecekan, benar adanya jika cendol yang diproduksi oleh pelaku mengandung bahan berbahaya seperti Kalsium Karbida yang biasa digunakan untuk bahan baku pembuatan gas acetylene (C2H2) yang berbentuk serbuk cristal dan lebih dikenal dengan karbit.

“Pelaku selama ini memang memproduksi dan sebagai pemasok dawet atau cendol di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Jember dan Lumajang, beberapa pedagang merasa curiga dengan dawet yang dikirim oleh pelaku, sehingga melapor ke kami,” ujar Kapolres Jember AKBP. Hery Purnomo SIK. SH., Rabu (16/11/2022).

Atas laporan tersebut, pihaknya memerintahkan Unit Tipidter Satreskrim Polres Jember untuk melakukan penyelidikan, dan diketahui jika makanan berbahaya tersebut, diproduksi oleh pelaku dirumahnya.

“Setelah melakukan serangkaian penyelidikan, unit Tipidter berhasil mengamankan pelaku dirumahnya di Tanggul, beberapa bahan baku pembuatan dawet, termasuk kalsium karbida atau sejenis karbit yang dijadikan sebagai campuran dawet juga kami temukan, dan diakui oleh pelaku,” jelas Kapolres.

Atas perbuatannya, polisi menjerat pelaku dengan a Tentang Perlindungan Konsumen Jo Pasal 41 Ayat (1), Ayat (2) Huruf A Peraturan Pemerintah Nomor 86 Tahun 2019 Tentang Keamanan Pangan. “Ancaman untuk pelaku 5 tahun penjara,” ujar Kapolres.

Sementara dari rumah pelaku, polisi berhasil mengamankan barang bukti diantaranya 1 bungkud dawet Jomble, 1 bungkus tepung tapioca, 5 bungkus kalsium karbida, 1 jerigen kapasitas 20 liter berisi air kelapa, 1 jerigen kapasitas 35 liter berisi cuka, 2 bungkus benzoate, 5 bungkus Citrid acid, 1 bungkus gula pasir, 10 bungkus nata de coco, 1 buah timbangan dan 2 buah buku panduan. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button