Daerah

Pj.Bupati OKU, H Teddy Meilwansyah Melaunching Internet Desa

BATURAJA – Pj.Bupati OKU, H Teddy Meilwansyah melaunching internet desa di Desa Segara Kembang dan Desa Bunga Tanjung Kecamatan Lengkiti, Kebahagian terpancar dari wajah masyarakat di dua Desa tersebut. (21/13/2023.

Bengapa tidak, masyarakat yang selama ini tak punya akses internet, kini dengan telah dilaunching internet desa, mereka kini bisa melihat seisi dunia kecanggihan tekhnologi.

“Hari ini kami sangat senang, bangga dan bahagia. Dengan telah dilaunchingnya internet desa ini,” kata Pj Bupati OKU, H Teddy Meilwansyah usai melaunching internet desa di Desa Segara Kembang,

Menurut Teddy, Internet saat ini merupakan layanan dasar disamping pendidikan dan kesehatan, ausha harus dimiliki masyarakat. Karena di era globalisasi ini seharusnya sudah tidak ada lagi daerah-daerah tanpa internet.

“Sementara di sini tidak ada internet. Kami sedih dengan kondisi ini. Dengan dasar ini, kami ingin membuka akses ini selebar-lebarnya. Bukan hanya di Kecamatan Lengkiti saja, tapi di kecamatan lain juga. Tapi, karena keterbasan anggaran, kami tidak bisa sekaligus melakukan. Kami utamakan yang memang prioritas dulu. Daerah yang blank spot,” imbuh Teddy.

Teddy menambahkan, pertama dirinya dilantik menjadi bupati ada tiga skala prioritas. Yakni akses jalan kalau bisa layak dilalui. Kemudian sekolah yang layak. “Dan ketiganya yakni kami berupaya tidak ada lagi daerah yang blank spot,” ungkap Teddy.

Menurut Teddy, dengan adanya internet banyak sekali manfaat yang bisa di dapat. Mulai dari informasi dunia, menambhaa wawasan, bahkan juga sebagai sarana pendukung kinerja para perangkat desa dalam menjalankan tugas sehari – hari.

“Banyak dampak positifnya. Tapi, juga banyak dampak negatif. Makanya gunakan internet ini dengann bijak. Gunakan sebaik-baiknya, terutama bagi anak- anak. Dan tak kalah penting dengan internet kita bisa mengangkat potensi desa. Terutama objek wisata, potensi pertanian, perkebunan dan lainnya. Internet ini bisa berdampak pada perekonomian,” tukas Teddy.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo OKU, Priyatno Darmadi SSos MSi mengatakan pembangunan internet desa menggunakan dana APBD Perubahan 2023.

“Ini arahan langsung dari Bapak Pj Bupati. Ini yang pertama internet desa dari Pemda OKU. Mudah- mudahan adanya program ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Priyatno.

Dia menjelaskan Pada program ini, satu desa mendapat satu tower. Dimana, dalam satu tower terdapat tiga akses poin dan untuk Satu akses poin bisa digunakan oleh 200 pengguna.

“Nah artinya jika ada 3 akses poin internet ini bisa digunakan untuk 600 orang,” sambung Priyatno.

Priyatno menambahkan internet desa ini dalam upaya program Smart City. “Diketahui, Kabupaten OKU merupakan salahsatu 50 kabupaten dan kota se-Indonesia yang mendapatkan penghargaan menuju gerakan smart city Indonesia,” ucapnya.

Sementara, Kepala Desa (Kades) Segara Kembang, Nazori Dinata mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU yang telah memberikan bantuan internet desa.

“Terimakasih atas bantuan yang diberikan Pak Pj Bupati OKU atas bantuan internet desa ini,” pungkasnya. ( Alv )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button