BirokrasiHeadline

Percikan Api Alat Pemanas Diduga Menjadi Sebab Ratusan Ton Tembakau Kering Terbakar Didalam Gudang

BONDOWOSO, TI – Ratusan ton tembakau di Gudang Mapan Jaya, Desa Sumberpandan, Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso terbakar, Senin (14/2) pagi. Akibat kebakaran itu, pemilik ditaksir mengalami kerugian hingga Rp. 5 miliar.

Kasatpol PP dan Damkar Kabupaten Bondowoso Slamet Yantoko menjelaskan, peristiwa terbakarnya ratusan ton tembakau itu diketahui sekitar jam 04.30 WIB. “Pukul 04.30 itu mulai diketahui ada asap dari dalam gudang. Kemudian, kami menerima telepon pada 06.00 WIB tentang peristiwa itu,” ucapnya.

Setelah itu petugas pemadam kebakaran meluncur dan sampai lokasi pukul 06.02 WIB. “Kami menerjunkan 1 unit pemadam kebakaran dibantu 1 truk tangki dari DLH dan langsung melakukan pemadaman api sekaligus pendinginan,” tutur Slamet Yantoko melalui via sambungan telepon.

Menurut Slamet, tembakau rajangan itu semuanya ludes terbakar.
“Kalaupun ada yang tidak terbakar, sudah tidak bisa digunakan lagi. Jadi kerugian ditaksir untuk 100 ton tembakau itu mencapai Rp. 5 miliar,” paparnya.

Hasil informasi yang dihimpun kepolisian, diduga kebakaran itu berasal dari percikan api alat pemanas di dalam gudang. “Di dalam ada dua anglo (alat pemanas-red). Diduga akibat percikan itu mengenai tembakau kering, lalu menjalar hingga terjadi kebakaran tersebut,” tuturnya.

Proses pemadaman dan pendinginan berlangsung cukup lama yakni lebih dari 4 jam. “Proses pemadaman dan pendinginan api selesai pukul 10.30 WIB,” tandasnya. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button