HeadlineHukum dan Peristiwa

Patrol Pakai Sound System, 3 Kendaraan Diamankan Polisi

JEMBER, TI – Setiap malam di bulan puasa, mulai jaman dahulu identik dengan kegiatan masyarakat menggelar kegiatan patrol guna membangunkan orang untuk melaksanakan ibadah, mulai dari memukul kentongan dengan keliling kampung, hingga membunyikan speaker di masjid-masjid.

Namun seiring dengan perkembangan jaman, kegiatan patrol dengan memukul kentongan berubah menjadi ‘parade’ sound system, banyak warga yang membunyikan sound system di atas bak terbuka dengan keliling kampung.

Ironisnya, kegiatan ini tidak dilakukan saat menjelang sahur, tapi sound system sudah dibunyikan sejak pukul 12 malam atau pukul 00 dinihari, tidak hanya satu sound system, beberapa warga justru berlomba-lomba ‘adu kekuatan’ sound system mana yang terbaik, sehingga memutar nya dengan cukup keras.

Bukan membangunkan sahur, justru kegiatan ‘parade’ sound system ini menjadi keluhan warganet di Jember, mereka mengeluhkan keberadaan sound system yang diputar cukup keras, membuat keluarganya terganggu istirahat, tidak hanya itu, getaran efek yang ditimbulkan dari sound system juga membuat kaca rumah bergetar dan seperti mau pecah.

“Kalau mau patrol silahkan patrol, tapi mbok ya jangan membunyikan sound system dengan suara yang keras, kami yang baru selesai tadarus dan ingin istirahat jadi terganggu, kami ini butuh istirahat agar saat siang hari bisa bekerja dan tetap puasa,” ujar salah satu warga.

Keluhan serupa juga beberapa kali menghiasi group media sosial, sehingga keluhan ini menjadi viral.

Mendapati keluhan tersebut, ditambah dengan laporan warga, jajaran Satsbahara Polsek Gumukmas langsung melakukan tindakan dengan menggelar patroli, hasilnya 2 pickup dan 1 truk yang mengangkut sound system berhasil diamankan dan dibawa ke Mapolsek.

“Ada 3 kendaraan yang kami amankan, karena ada keluhan warga yang mengatakan, kalau mereka selalu membunyikan sound system dengan keras, sampai kaca rumah warga bergetar seperti kena gempa, kegiatan mereka bukannya membantu warga untuk sahur, tapi menggangu istirahatnya,” ujar Kanit Sabhara Polsek Gumukmas Iptu Dani Prasetyo Minggu (9/5/2021).

Sedangkan, tiga truk sound system diamankan di halaman Polsek Gumukmas. Pihaknya akan meminta keterangan dan melakukan pembinaan ke pemilik, agar tidak mengulangi lagi.

“Sementara kami amankan, setelah dilakukan pembinaan dan tidak ada lagi sound system keliling atau berkeliaran, yang mengganggu ketertiban umum, baru bisa diambil,” pungkasnya. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button