HeadlineHukum dan Peristiwa

Mengungkap Tabir Kohir 648, LBH BIN Konfrontir Informasi Kepada Sekdes Gumuksari

JEMBER, TI – Dilansir dari adanya sebuah pengaduan masyarakat kepada LBH-BIN, perihal mutasi tanah. Dimana pada tahun 1993 Pak Sujak membeli sebidang tanah kepada P Enja Saidin bertindak atas nama Sarmidin.

Waktu itu juga Pak Sujak mengajukan mutasi tanah berupa Akte Jual Beli kepada Pemerintah Desa, yang kebetulan Kepala Desanya adalah Pak Siswono, dan Sekdesnya Bunasir dengan alamat Dusun Karangsari, Desa Gumuksari, Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember.

Sehingga jadilah Akte Jual Beli dengan No. 183/kalisat/IX 1993 yang dikeluarkan pada tanggal 8 September 1993 oleh PPATS Kecamatan Kalisat dengan Persil 84 A, Blok D.III, Kohir No.648 Luas 340 m2.

Namun oleh Sekretaris Desa Gumuksari terkait proses Akte milik P. Sujak justru dianggap tidak sesuai dengan aturan dan tidak prosedural.

Pembuatan Akte jual beli milik Pak Sujak itu tidak benar secara prosedural dan administrasinya. Dan menurut Pak Sekdes Didik bahwa Persil 84 A, Blok D.III, Kohir No.648 Luas 340 itu tidak ada objek di Desa Gumuksari.

Namun sewaktu Pak Sekdes Didik dikonfirmasi oleh tim LBH BIN terkait kerawangan desa dan Buku C desa kemarin. “Kohir No. 648 Persil 84 di kerawangan desa ada mas,” terang Pak Sekdes kepada tim LBH BIN.

Disisi lain berbeda dengan keterangan mantan Kepala Desa pada tahun 1993 saat itu menyatakan sudah sesuai dengan aturan dan sudah prosedural. “Karena yang kami mutasi adalah tanah kering bukan sawah, dan tetap berpaku kepada ketentuan hukum serta dokumen yang kami terima benar adanya,” tandasnya.. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button