Politik

Mengenal Lebih Dekat Sosok Faidy Suja’ie Caleg DPRD PKB Provinsi Jatim Dapil Jember – Lumajang

LUMAJANG – Ach. FAidy Suja’ie pria kelahiran Sumenep yang hari ini ikut terlibat dalam konstalasi pemilu 2024 mendatang yakni sebagai calon legislatif DPRD Provinsi Jawa Timur Dapil Jember – Lumajang.
Untuk mengenal sosok Ach Faidy Suja’ie Yuk simak berikut mulai dari pendidikan formalnya, pengalaman organisasi dan karirnya

Pendidikan Formal Faidy Suja’i

Selesai mengenyam pendidikan di Pesantren, Achmad Faidy Sujai’e tak lantas berhenti mencari ilmu. Faidy bersikeras melanjutkan perjuangannya melalui jalur pendidikan formal. Tahun 2002, ia menempuh pendidikan tinggi di Universitas Jember dengan mengambil Jurusan Administrasi Negara.

Faidy melanjutkan pengembaraan mencari ilmu ke Kota Yogyakarta yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM). Ia menempuh studi S2 hingga pada tahun 2013 berhasil menyandang gelar Magister (S2) di Jurusan Manajemen dan Kebijakan Publik dengan predikat Cum Laude.
Pengalaman Organisasi Ach Faidy Suja’i

Faidy muda sejak kecil sangat akrab dengan prinsip perjuangan dan totalitas. Sebagai seorang NU tulen, semasa kuliah Faidy muda tanpa ragu bergabung dengan PMII. Aktif di PMII mendapatkan tempaan berbagai pelajaran terkait problematika hidup mulai dari problem solving hingga ilmu leadership.

Totalitasnya dibuktikan dengan menjadi Ketua Rayon PMII Fisip Unej tahun 2004-2006 hingga Ketua PC Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jember tahun 2007-2008. Tak hanya itu, agar tetap terjalin silahturahmi dengan mahasiswa lain dari tanah kelahirannya, Faidy muda juga mentasyarufkan dirinya menjadi Pengurus Ikatan Mahasiswa Madura (JONGMA) Jember pada tahun 2004-2008.

Perjalanan Proses Karir Faidy Suja’i
Mengawali Karir di Bidang Jurnalistik yakni berawal dari pasca lulus S1, Faidy mengawali karir di bidang jurnalistik. Tercatat dirinya pernah menjadi Jurnalis dan Reporter di Radio KISS FM Jember tahun 2006-2008 dan Surabaya Post. Tak hanya itu, Faidy juga pernah bergabung dengan program peace building berbasis komunitas di Jawa Timur Catholic Relief Services (CRS) Indonesia tahun 2008-2009 sebagai Field Worker.

Latar belakang santri dan aktivis tulen juga mengantarkan dirinya menjadi peneliti tamu pada program mengungkap kasus korupsi di lingkungan Kampus Negeri, IMMS dan Tifa Foundation tahun 2006-2007.
Perjalanan Proses Karir Faidy

Lulus dengan gelar Magister (S2) Jurusan Manajemen dan Kebijakan Publik di UGM, Faidy Sujai’e mulai berkecimpung di dunia politik dan pemerintahan. Tepatnya pada 2014-2015, Ia menjadi Tenaga Ahli Fraksi PKB DPRD Jawa Timur hingga Tenaga Ahli Pimpinan DPRD Jawa Timur Tahun 2015-2019.

Di samping itu, Faidy juga terlibat dalam tim transisi Pemerintah Kabupaten Lumajang 2018-2023, Tenaga Ahli Penyusunan RPJMD Kabupaten Pamekasan 2019-2023, serta anggota Dewan Riset Daerah Kabupaten Pamekasan tahun 2019.

Karir Faidy Saat ini dengan berbekal ilmu akademis dan pengalaman aktivis lalu kerja keras serta istiqomahnya, pada tahun 2020 Faidy Suja’ie diangkat sebagai Advisor Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi periode 2019-2024.

Selain itu, Tahun 2020 hingga sekarang, Ia menjadi Konsultan Nasional Green Economic Growth Programme for Papua Provinces (GEGP)-UKCCU yaitu program pengembangan ekonomi hijau di Papua kerjasama pemerintah Indonesia dan Inggris.

Faidy juga menjadi Communication dan Knowledge Management Expert untuk Program Pengembangan Ekonomi Kreatif di Indonesia Timur kerjasama Pemerintah Indonesia dan International Fund Agriculture Development (IFAD).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button