Desa

Maulid Nabi di Sumbermalang Hadirkan Tiga Penceramah Kondang

JEMBER – Para tokoh pemuda Dusun Sumbermalang Desa Randuagung Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember memperingati hari lahirnya atau Maulid Nabi Muhammad SAW dan memberikan santunan anak yatim yang berlokasi di halaman Masjid Darul Muttaqin. “Alhamdulillah, kami tahun ini masih di beri kesempatan untuk menyelenggarakan kegiatan maulid nabi yang digelar hari ini Selasa (18/11) berkat rahmat Tuhan yang maha Esa sekaligus menyantuni anak yatim yang ada di desa randuagung,” kata Erfan Faisol selaku penyelenggara acara selepas acara tersebut.

Tokoh pemuda yang juga Sekdes Desa Randuagung itu menyebutkan maulid nabi dengan mengadakan santunan anak yatim dan makan bersama di rumah kediaman ahmadi adalah momentum untuk mengenang sejarah kelahiran dan perjuangan Nabi Muhamad SAW.

“Momentum maulid juga kita berharap bisa meneladani akhlak Beliau dalam kehidupan sehari-hari dan salah satu realisasinya, dan acara ini sekaligus bentuk rasa syukur kami sebagai umat muslim kepada sang maha pencipta karena telah mengkaruniai seorang nabi untuk membawa umat dari zaman kegelapan menjadi terang benderang. Dana santunan anak yatim berasal dari pengusaha dari ambulu, para tokoh dan masyarakat setempat yang tentunya seorang dermawan. Tentunya ini bentuk dari suri tauladan yang di teladani oleh Baginda Rasulullah SAW,” imbuhnya.

Sementara itu, Ahmadi salah seorang tokoh masyarakat setempat mengatakan bahwa acara Maulid Nabi dan santunan anak yatim sejumlah 20 orang anak yatim yang diberikan sejumlah uang, sembako dan beberapa hiburan seperti drumband dan pelepasan 2 ribu burung merpati. Ini merupakan agenda pertama yang diselenggarakan masyarakat terutama para tokoh pemuda dan insyaAllah akan menjadi agenda rutin setiap tahunnya serta merupakan bentuk kepedulian kita kepada sesama.

“Momentum maulid juga sebagai sarana ibadah kepada yang maha kuasa dan junjungan kita pada baginda Nabi, dan menyantuni anak yatim ini merupakan salah satu kewajiban kita untuk saling membantu dan berbagi kepada anak yatim dan mudah-mudahan apa yang telah kita kerjakan ini menjadi amal jariyah serta kedepannya bisa ditingkatkan hal seperti ini,” harap Ahmadi.

“Alhamdulillah acara berlangsung sukses berkat kerjasama dan koordinasi dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan seluruh warga masyarakat setempat, saya ucapkan banyak terimakasih semoga kita semua mendapatkan syafa’at dari junjungan Baginda Nabi Muhamad SAW,” tambah Imam hariyanto, kepala Dusun Sumbermalang sekaligus salah satu penyelenggara acara tersebut.

Perayaan maulid nabi ini panitia mengundang tiga kiai kondang yaitu; KH. Kholid dari Sumberwringin, KH. Soleh dari Sumberwringin, dan juga KH. Abdul Basyir Abdullah dari Cumedak untuk memberikan tausiah keislaman kepada para tamu undangan yang hadir.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button