Daerah

Langkah BAWASLU Sampang Cegah Pelanggaran Pemilu

SAMPANG | Transindonesia.net – Guna mencegah terjadinya segala bentuk pelanggaran serta praktek-praktek kecurangan yang bisa menghambat ataupun merusak tatanan demokrasi dalam pelaksanaan pemungutan suara di Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 kali ini, Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Kabupaten Sampang bersiap melakukan langkah-langkah antisipatif.

Lembaga pengawasan Pemilu itu telah berupaya maksimal dalam melakukan berbagai tindakan-tindakan konkrit untuk memastikan terciptanya kondusifitas dibawah, sehingga tahapan pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi suara bisa berjalan sesuai prosedur dan regulasi yang ada.

Komisioner BAWASLU Kordiv Pencegahan, Parmas dan Humas Moh. Ramli mewakili Ketua BAWASLU Kabupaten Sampang mengungkapkan, bahwa secara kelembagaan telah bersurat yang sifatnya menghimbau kepada seluruh jajaran KPU Kabupaten Sampang, instansi pemerintah lainnya serta pihak yang terkait untuk sama-sama netral dalam pelaksanaan pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi suara sampai pada tingkatan paling bawah nantinya .

Langkah tersebut tak hanya sampai disitu, pihaknya juga menginstruksikan seluruh jajaran dibawahnya untuk melakukan pengawasan secara ketat. Karena menang sebelumnya mereka telah diberikan bimbingan teknis (bimtek), yang disitu juga dijelaskan mana saja titik-titik rawan yang perlu di antisipasi adanya dugaan pelanggaran.

“Kami instruksikan pada seluruh jajaran, khususnya Petugas Pengawas TPS untuk mengawasi secara lebih ketat dalam mengantisipasi serta melakukan penindakan atas dugaan pelanggaran secara cepat dibawah,” ungkap Ramli yang disampaikan melalui Media Trasindonesia.net, Selasa (13/2/2024),

Ia juga menginginkan agar Pengawas TPS bekerja secara maksimal serta melakukan kinerja pengawasan disetiap TPS sesuai dengan prosedur maupun mekanisme yang berlaku.

“Apabila nantinya di TPS terjadi hal-hal diluar ketentuan, maka secepatnya lakukan tindakan ataupun pelaporan pada tingkat pengawas diatasnya,” pesan Kordiv Pencegahan, Parmas dan Humas tersebut menambahkan.

Terakhir, masih kata Ramli, pihak BAWASLU Kabupaten Sampang mengharapkan peran seluruh masyarakat secara bersama dalam menjaga kondusifitas dan sama-sama pula turut mengawasi jalannya proses tahapan pemungutan, penghitungan sampai rekapitulasi suara.

“Jika nanti masyarakat menemukan dugaan pelanggaran, maka secepatnya laporkan pada jajaran kami dibawah atau langsung ke BAWASLU Kabupaten Sampang,” himbaunya. (Yan’S)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button