HeadlinePendidikan

KKN di Banyuwangi, Mahasiswa UIN KHAS Jember Bikin Pelatihan Hidroponik

JEMBERTIMES, TI – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Daerah Asal (DA) Universitas Islam Negeri KH. Achmad Shiddiq (UIN KHAS) Jember di Desa Karangharjo, Banyuwangi menyelenggarakan pelatihan hidrophonik di Aula kantor Desa Karangharjo (31/8).

Ketua pelaksana kegiatan, Ikhlasun Malik fajar yang didampingi oleh dosen pembimbing lapangan (DPL) Ainul Churria Almalachim, S. Ud., M.Ag menyampaikan bahwa kegiatan tersebut diadakan sebagai salah satu langkah pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan hidrophonik.

“Pelatihan bercocok tanam menggunakan metode hidrophonik ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan serta meningkatkan partisipasi dan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Mahasiswa Fakultas Tarbiyah ini menggelar pelatihan dengan menggandeng 3 orang peserta KKN-DA UIN Jember dan beberapa dari UNEJ, serta dibantu komunitas Pay Farm sebagai pemateri dan pengarah.

Tahapan pelaksanaan dilakukan dalam pelatihan ini dimulai dari pemaparan materi hidroponik untuk memberikan pemahaman terhadap peserta pelatihan, dilanjut praktik pembuatan hidrophonik dan kunjungan ke kebun hidrophonik.

“Kami menggelar pelatihan ini dengan 3 orang peserta KKN-DA UIN Jember, yakni saudara Asshidiqqi Maulana, Aqidah, Atika, ditambah beberapa lainnya dari Unej dan Komunitas Payfarm sebagai pemateri, dengan tahap pelaksanaannya adalah pertama sesi pemaparan materi, kemudian dilanjut praktik pembuatan serta kunjungan ke kebun hidrophonik,” ujar Ikhlasun.

Ibu Yulis, dalam sambutannya mewakili Pemerintah Desa Karangharjo Kecamatan Glenmore, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan adek-adek mahasiswa dalam menyelenggarakan pelatihan hidroponik ini.

“Saya bangga dan turut mengapresiasi dengan aktifitas produktif seperti pelatihan ini,” ucapnya.

Harapan kedepan dengan adanya kegiatan ini, dapat menumbuhkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan, serta mengisi waktu produktif untuk pemuda dan ibu-ibu dirumah. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button