BirokrasiHeadline

Ketum GPMN Jatim: Kehadiran Mbak Puan Selalu Disambut Hangat Warga Nahdliyin

SURABAYA, TI – Ketua DPR RI Puan Maharani mengucapkan selamat menyambut bulan Ramadan untuk masyarakat Indonesia. Ia pun mengingatkan agar umat muslim senantiasa disiplin protokol kesehatan (prokes), selama menjalani ibadah di bulan suci ini. “Selamat datang bulan Ramadan 1443 H. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi umat muslim,” kata Puan, Jumat (1/4/2022).

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI tersebut bersyukur sebab di bulan Ramadan kali ini, umat muslim bisa menjalankan salat tarawih berjamaah di masjid. Meski begitu, Puan meminta umat muslim mengikuti anjuran pemerintah. “Kelonggaran-kelonggaran ini jangan membuat masyarakat lengah. Tetap disiplin, patuhi prokes. Kita tidak ingin angka penularan Covid-19 kembali naik,” tuturnya.

Puan mengimbau umat muslim untuk mengikuti petunjuk pengelola tempat ibadah yang sudah berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 dalam pelaksanaan ibadah selama bulan Ramadan. “Saya senang, ormas-ormas Islam seperti NU dan Muhamadiyah sudah membuat aturan detail tentang pelaksanaan ibadah Ramadan di masjid,” ungkap Puan.

“Ini tentu saja demi melindungi jamaahnya, agar tetap aman menjalankan ibadah di bulan suci tanpa mengurangi kekhusukan,” lanjut mantan Menko PMK itu.

Puan menekankan pentingnya penerapan protokol kesehatan dilakukan selama menjalani ibadah di bulan Ramadan. Dengan disiplin protokol kesehatan, diharapkan angka penularan Covid-19 akan terus menurun. “Sehingga kita nantinya juga dapat merayakan Idul Fitri dengan lebih leluasa, tidak seperti 2 tahun terakhir. Maka disiplin prokes selama beribadah saat Ramadan jadi pertaruhan untuk kita merayakan Lebaran nanti,” ujar Puan.

Cucu Proklamator RI Bung Karno tersebut pun kembali mengimbau kepada masyarakat yang belum menerima vaksin Covid-19, agar segera mendatangi sentra vaksinasi untuk mendapatkan vaksin. Puan mengingatkan, vaksinasi dapat membantu memberikan perlindungan dari bahaya virus Covid-19. “Bagi warga yang belum vaksin, segera vaksin, termasuk yang belum booster. Karena selain melindungi diri, vaksin juga dapat melindungi orang lain, termasuk keluarga dan orang-orang yang kita sayangi,” imbaunya.

“Apalagi bagi yang akan mudik. Jutaan orang akan akan bergerak serempak ke berbagai daerah. Selain prokes, vaksinasi menjadi penting,” tutup Puan.

Sementara Ketua GPMN Jatim Aliem Mustoko memberikan apresiasi dan kebanggaan saat beberapa waktu lalu, Mbak Puan datang ke kantor PBNU dan bertemu langsung dengan Gus Yahya. Kedatangan Puan Mahatani ke kantor PBNU adalah sebuah kunjungan kepada sahabat.

“Keluarga Bung Karno memiliki sejarah panjang dalam menjalin persahabatan dengan NU. Mbak Puan berkewajiban menjaganya agar tidak putus,” ungkap Aliem kepada wartawan.

Satu hal yang juga membahagiakan adalah Puan Maharani selalu disambut hangat oleh warga Nahdliyin. Ini menjadi salah satu faktor yang bikin hati kader GPMN berbunga-bunga.

“Jika Mbak Puan sedang berada dalam kesibukan yang luar biasa sebagai Ketua DPR, dirinya tetap dapat merasa tenteram, karena beliau tahu bahwa memiliki sahabat. Adem rasanya bersama sahabat,” imbuh Aliem kemarin.

GPMN, katanya, akan terus menjaga persahabatan ini sebagai bagian dari dukungan memperkuat civil society, sebab kita tahu bahwa kualitas demokrasi ditentukan oleh keseimbangan antara negara dan civil society.

Bagi Aliem, salah satu cara menjaga kualitas demokrasi adalah dengan konsisten pada proses pemilu sesuai dengan jadwal, yakni 2024.

“Pemerintah dan DPR sudah sepakat tentang ini. Saya yakin kekuatan civil society juga mendukung,” tandasnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button