Kriminal

Ketua DPD BIN Sumsel Kecam Pemukulan Wartawan

OKU – Penyerangan terhadap awak media di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) yang dilakukan oknum tertentu sungguh sangat memprihatinkan bagi dunia jurnalistik di Provinsi Sumatera Selatan. Wartawan senior dari Tim Kompas Ranau disiram air keras oleh gerombolan bersenjata yang diduga suruhan orang tertentu.

Percobaan pembunuhan tersebut terjadi di Simpang Sender, Kecamatan BPRRT sekira pukul 18.30 usai lima aktivis tersebut menghadiri audiensi di ruang rapat Komisi III DPRD OKU Selatan, Senin (26/12/2022).

Koordinator Komunitas Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (K MAKI) Bony Balitong, sesalkan kejadian yang menimpa para jurnalis saat menjalankan tugas di OKU Selatan. “Ulah para koruptor di OKUS dan khususnya Sumatera Selatan sudah sangat mengkhawatirkan profesi jurnalis. Mereka bertindak seperti kartel mafia narkoba yang sangat kejam dan keji tanpa ampun kepada awak media. Sudah sering kita dengar intimidasi kepada awak media seperti, kuminum darah kau dan ku lanjake kau. Namun khusus di OKU Selatan mereka bertindak seperti gengster, keras dan kejam, ujar Bony Balitong dalam keterangan persnya.

Sementara itu Deputi K MAKI Feri Kurniawan juga sangat menyayangkan kejadian yang menimpa para jurnalis di OKU Selatan. ‚ÄúSudah sangat memprihatinkan tindak kekerasan kepada awak media dan ini tidak bisa dianggap biasa saja oleh institusi Polri, karena akan merembet ke para gangster atau preman upahan mafia tambang, mafia narkoba dan mafia kasus. Sumsel zona hitam korupsi dan sekarang menjadi zona hitam kekerasan kepada awak media,” tegasnya.

“Kemungkinan besar kejadian ini dilakukan oleh para koruptor dan mafia proyek yang terusik dengan investigasi awak media terkait proyek rusak dan berpotensi merugikan keuangan negara, namun ini baru sebatas dugaan. Jika peristiwa ini tidak di tanggapi serius oleh Kapolda Sumsel hingga tidak terungkap, maka bukan tidak mungkin tindakan kekerasan kepada awak media akan mewabah di Sumatera Selatan,” ungkap Feri. (Alv)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button