Event

Kapolres Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Musi Tahun 2023

BATURAJA – Kapolres Oku Akbp Arif Harsono, S.I.K., M.H., pimpin apel gelar pasukan operasi keselamatan musi 2023. Selasa (07/02/2023) sekira pukul. 08.00 Wib bertempat di Halaman Apel Mapolres Oku.

Dalam amanatnya Kapolsek Oku Akbp Arif Harsono, S.I.K., M.H., menyampaikan bahwa Fungsi kepolisian negara republik Indonesia dalam pemerintahan negara di bidang lalu lintas dan angkutan jalan yang diamanatkan dalam undang-undang nomor 2 tahun 2022 tentang kepolisian negara republik Indonesia dan undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan adalah
1. Mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas (kemseltibcar lantas)

2. Meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas.

3. Membangun budaya tertib berlalu lintas dan

4. Meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik.

Tujuan dari ke empat fungsi maupun tugas tersebut tentunya adalah agar polisi lalu lintas mampu memberikan jaminan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran dalam berlalu lintas di jalan sehingga masyarakat dapat terbebas dari ancaman serta gangguan dalam beraktifitas di jalan dan amanat dari undang-undang tersebut merupakan tugas yang berat dan sangat kompleks sehingga tidak akan mampu apabila ditangani oleh polantas sendiri, melainkan harus didukung oleh para pemangku kepentingan dibidang lalu lintas lainnya untuk menjadi dasar dalam menemukan dan menyelesaikan akar permasalahan yang ada.

Polri telah menetapkan pelaksanaan operasi keselamatan tahun 2023 yang akan dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia selama 14 hari yaitu dari tanggal 07 s/d 20 Februari 2023 dengan tema “ Keselamatan Berlalu Lintas Yang Pertama Dan Utama “ sedangkan sandi operasi keselamatan tahun 2023 di Polda Sumsel yaitu “ Operasi Keselamatan Musi 2023”.

Adapun target dari pelaksanaan operasi itu sendiri adalah menurunkan titik lokasi kemacetan, pelanggaran, kecelakaan lalu lintas dan meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam rangka cipta kondisi menjelang Ramadhan dan lebaran idul fitri 1444 H, sesuai dengan karakteristik wilayah masing-masing.

Pada hari ini kita mengawalnya dengan melaksanakan gelar pasukan yang bertujuan untuk mengetahui sebuah mana kesiapan personel maupun sarana prasarana pendukung lainnya agar pelaksanaan operasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan.

Operasi Keselamatan pada tahun ini akan dilaksanakan berdasarkan konsep operasi bidang lalu lintas tahun 2023 dengan mengedepankan giat preemtif 40 % dan preventive 40 % serta didukung giat gakkum 20% yaitu etle statis atau etle mobile berikut teguran terhadap masyarakat yang melanggar lalu lintas sehingga pada saat menjelang datangnya bulan suci Ramadhan 1444 H, masyarakat dapat menjalankan ibadah puasa dengan tenang dan nyaman.

Kegiatan yang akan dikedepankan pada pelaksanaan operasi keselamatan musi 2023 adalah:
1. Melaksanakan deteksi dini, lidik, pengamanan serta pemetaan dilokasi atau tempat yang rawan terhadap kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan.
2. Pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang tertib berlalu lintas berupa gia sosialisasi, pentuluhan melalui pemasangan spanduk, banner, baleho, penyebaran leaflet dan pembagian sticker serta melalui media cetak, elektronik dan medsos.
3. Melaksanakan patrol dan penjagaan pada lokasi rawan macet, laka dan pelanggaran lalu lintas
4. Penindakan pelanggaran lalu lintas menggunakan etle statis dan mobil serta blangko teguran.

Laksanakan tugas operasi dengan penuh rasa tanggung jawab, dasari dengan niat beribadah dalam setiap kegiatan, kedepankan sikap senyum sapa salam dalam melaksanakan penindakan pelanggaran lalu lintas baik yang bersifat teguran maupun penilangan secara elektronik.

Jaga keselamatan, tingkatkan kewaspadaan terhadap pihak-pihak yang berniat melakukan berbuat negatif terhadap polri.

Selalu menjaga dan menciptakan situasi yang kondisuf menjelang masuknya bulan suci Ramadhan tahun 2023 serta persiapakan pelaksanaan operasi ketupat 2023 dari sekarang. ( Alv )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button