Ekonomi BisnisHeadline

Kader Ansor Dilatih Las Listrik, Tingginya Peluang Ekonomi Konstruksi Besi

JEMBER, TI – Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kencong mengadakan pelatihan las listrik untuk kader Ansor dan Banser. Pelatihan tersebut akan dilaksanakan selama 20 hari, diikuti oleh 16 orang peserta dari 6 Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor se cabang Kencong. Acara yang akan dilaksanakan mulai hari Senin depan tersebut, secara simbolis telah dibuka pada Rabu (11/08/2021) siang di aula Pengurs Cabang (PC) Nahdlatul Ulama Kencong Jalan Wijaya Kusuma nomor 28 Kencong, Jember.

Kegiatan tersebut adalah buah kerjasama antara PC GP Ansor Kencong dengan Unit Pelaksana Tugas (UPT) Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Jember dan Laskar Sholawat Nusantara (LSN), sebuah lembaga sosial keagamaan milik Muhammad Fawaid, Legislator DPRD Jawa Timur.

Menurut Agus Nur Yasin, ketua PC GP Ansor Kencong, acara tersebut dilakukan guna memberikan keterampilan kerja kepada Ansor dan Banser di wilayah teritorialnya, hususnya bagi yang belum memiliki pekerjaan. Tujuan ahirnya agar Ansor dan Banser semakin giat dalam berhikmat di organisasi, karena telah memiliki sumber pendapatan untuk memenuhi kebutuhan keluarga. “Saya berharap setelah lulus, sahabat-sahabat menggunakan keterampilanya untuk bekerja dan memenuhi kebutuhan, agar kegiatan organisasinya semakin rajin,” kata Agus dalam sambutan pembukaan acara.

Selain itu, Agus juga menyampaian, bahwa di Ansor dan Banser itu bukan hanya sekedar pengabdian, tetapi juga mencetak kader untuk siap ditempatkan di masyarakat dan bisa bermanfaat bagi lingkungan. “Kami berharap sahabat-sahabat peserta pelatihan serius dalam mengikuti pelatihan sehingga hasilnya maksimal dan menuai manfaat bagi masyarakat,” tutur pemuda yang pernah menjabat ketua PC Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kencong periode 2010-2012 tersebut.

Menyinggung soal keberlangsungan acara, dia menyampaikan bahwa, kegiatan pelatihan tidak berhenti sampai di sini. Saat ini dia telah melakukan komunikasi dengan pihak-pihak terkait untuk melakukan pelatihan lain. “Ini bukan yang terahir, ke depan akan tetap ada, karena kami telah bicara dengan pihak pemangku kebijakan untuk kerjasama dengan pelatihan lain,” pungkasnya.

Sementara Kepala UPT BLK Kabupaten Jember, Sutrisno, S.Pd., MM saat membuka acara memaparkan, bahwa pelatihan las listrik sangat penting dan sangat dibutuhkan di era ini. Menurutnya, saat ini hampir semua bahan rumah tangga ataupun konstruksi menggunakan besi, sehingga secara ekonomi peluangnya sangat tinggi.

Selain itu Sutrisno juga mengatakan, bahwa pekerjaan di bidang las ini jika ditekuni akan mengalahkan pekerjaan sebagai pengawai negeri. Dia mencontohkan, selain sebagai pengawai negeri dia pernah bergerak dalam bidang las. Terkadang dari satu pekerjaan pengelasan dalam waktu sehari komisinya lebih dari gajinya sekarang. “Oleh karena itu, jangan meremehkan pekerjaan ini. Diawali dari elatihan ini, walaupun panas tapi hasilnya sangat menjanjikan. Kalau terus dikembangkan skillnya, bukan tidak mungkin nanti kalian akan menjadi bos di bidang las,” tuturnya menyakinkan peserta.

Masih menurut Sutrisno, pelatihan ini adalah dasar, jika peserta ingin mengembangkan kemampuan mereka bisa mengikuti pelatihan lanjutan yang dilaksanakan di kantor BLK Jember. “Tentunya setelah melalui kualifikasi oleh tim dari kantor (BLK Jember),” pungkasnya.

Dalam acara pembukaan tersebut dihadiri oleh pengurus PC GP Ansor Kencong, Sutrisno Kepala UPT BLK Kabupaten Jember, Agus Supa’at kasi PS BLK Jember, Abdul Adim Ketua Dewan Pimpinan Pusat LSN dan peserta pelatihan. (Ric)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button