Olahraga

Kabupaten Beltim Sukses Selenggarakan Turnamen Karate

Manggar,transindonesia.net – Gelaran Babel Open Turnamen Karate Bupati Cup 2023 berakhir. Mewakili Bupati Belitung Timur, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Beltim, Amrizal menutup secara resmi turnamen yang berlangsung di GOR Beltim, Sabtu (18/11/23) Sore.
Turnamen yang diikuti oleh 496 peserta dari berbagai perguruan dan aliran Karate se Provinsi Bangka Belitung ini berlangsung selama tiga hari. Para perserta yang mayoritas berusia anak-anak tampak antusias mengikuti seluruh pertandingan.
Amrizal mengatakan Open Turnamen Karate Bupati Cup berjalan dengan baik dan lancar. Tidak ada insiden atau protes keras dari para peserta, bahkan baik jawara dan peserta yang belum memperoleh medali tampak bersuka cita.
“Semangat tanding dan silaturahmi seluruh karateka sangat baik. Para dewan juri dan panitia menjunjung semangat tinggi fair play,” ungkap Amrizal.
Bukan hanya itu saja, adanya perhelatan ini membuat ekonomi masyarakat juga terbantu. Para pelaku UMKM, penginapan dan hotel merasakan manfaatnya.
Peserta turnamen yang didominasi anak-anak sangat gemar berbelanja. Ditambah lagi hampir semunya didampingi oleh keluarga.
“Banyak peserta yang berasal dari luar Kabupaten Beltim terutama dari Kabupaten Belitung, membuat penginapan dan hotel kita penuh. Bahkan ada home stay juga, kita ikut membantu dengan meminjamkan tempat tidur,” kata Amrizal.
Setelah sukses turnamen ini, Mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Beltim menyatakan Kabupaten Beltim akan menyelenggarakan Kejuaraan Daerah (Kejurda) Karate dan Tinju Provinsi Babel. Penyelenggaran dijadwalkan akan berlangsung pada tahun 2024 mendatang.
“Nanti kita akan mengadakan Kejurda Karate dan Tinju. Tujuan kita lebih kepada untuk peningkatan prestasi atlet dan menumbuh kembangkan semangat tanding atlet kita,” ujar Amrizal.

Inkai Babel Juarai Turnamen Karate se-Babel

Inkai Bangka Belitung menjadi Juara Umum dalam Babel Open Turnamen Karate Bupati Cup 2023. Dari total 53 medali emas yang diperebutkan, Inkai Babel memperoleh 23 medali emas.
Total medali yang diperoleh Inkai Babel mencapai 65 medali, yang terdiri dari 23 medali emas, 18 medali perak dan 24 medali perunggu. Pretasi ini membuat Inkai Babel berhak memperoleh trophi bergilir, trophi Juara Umum dan uang pembinaan Rp10 juta.
Juara Umum II dipegang oleh Gokasi Kabupaten Belitung dengan perolehan 7 medali emas, 5 medali perak dan 7 medali perunggu. Sedangkan ditempat III diraih oleh Bank Sumsel Babel Palembang dengan torehan 7 medali emas, 1 medali perak dan 5 Medali Perunggu.
Manajer Kontingen Inkai Babel Fitri Zakiah mengungkapkan dalam turnamen ini menurunkan 120 atlet. Atlet berasal dari seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Kepulauan Bangka Beltung.
“Persiapan kita untuk ikut turnamen ini, dimulai saat ada Gosuku dan Ujian DAN di Provinsi beberapa awal November lalu. Atlet yang akan ikut kita latih baik teknik dan mental, terutama untuk nomor-nomor Kata,” ungkap Fitri seusai Upacara Penutupan Babel Open Turnamen Karate Bupati Cup 2023 di GOR Beltim, Damar, Sabtu (19/11/23) Sore.
Fitri yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Inkai Belitung Timur ini mengatakan hadiah berupa uang pembinaan akan dipergunakan untuk pengembangan pretasi atlet, terutama untuk pengkonsentrasian atlet jelang Kejuaraan Nasional Karate (Kejurnas) di Jakarta awal Tahun 2024 mendatang.
“Kebetulan habis ini atlet-atlet kita yang menjadi juara akan kita kirimkan untuk ikut Kejurnas. Nah uang pembinaan itu untuk persiapan mereka ke sana,” Lendra /tim

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button