BirokrasiHeadline

Ini Senyawa Alami yang Terkandung dalam Air Mineral, Produk Lokal Rumah Sahabat

JEMBER – Konsumsi air mineral tidak sekadar menghilangkan dahaga saja, tetapi juga bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa air mineral dan air putih itu sama. Meski tampak serupa, kedua jenis air ini sebenarnya berbeda.

Di samping makanan, air mineral juga bisa menjadi sumber asupan mineral untuk tubuh kita. Air mineral merupakan air yang telah dilengkapi dengan kandungan mineral dan senyawa alami lain di dalamnya. Tidak semua sumber air dapat menghasilkan air mineral. Air mineral hanya bisa didapatkan dari sumber air yang terletak di daerah yang kaya akan mineral.

“Air mineral mengandung beragam mineral, antara lain magnesium, kalsium, natrium, dan selenium. Berkat kandungan inilah air mineral memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh,” ujar dr. Meva Nareza Trianita, dikutip radaronline.id dari alodokter.com Minggu (10/4/2022). Air mineral merupakan sumber kalsium yang baik. Faktanya, air mineral terbukti bisa menjadi sumber kalsium yang setara dengan susu. Selain itu, kandungan magnesium dan bikarbonat yang ada di dalam mineral juga dapat ikut memelihara kesehatan tulang.

“Seperti kita ketahui, jantung memiliki fungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh guna menunjang kelangsungan hidup. Karena perannya sangat penting, kesehatan jantung harus selalu dijaga dengan baik. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan rutin mengonsumsi air mineral,” imbuh dokter lulusan Universitas Airlangga Surabaya tahun 2016 itu. Khasiat air mineral yang satu ini diduga berasal dari kandungan magnesium di dalamnya. Tingginya kandungan magnesium di dalam air minum diduga dapat menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi dan terbukti dapat menekan risiko terjadinya kematian akibat penyakit jantung koroner.

Selain itu, konsumsi air mineral yang tinggi akan bikarbonat juga baik untuk menjaga kadar kolestrol darah. Konsumsi air mineral terbukti dapat menurunkan kadar lemak jahat (LDL) dan meningkatkan kadar lemak baik dalam darah (HDL). Hal ini tentu akan menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner.

Beragam manfaat dan khasiat air mineral juga terkandung dalam ratusan dus produk berlabel BPOM MD: 265213001230 yang dibagikan ormas RSF (Rumah Sahabat Faida) ke puluhan Masjid dan Mushola se-antero Kabupaten Jember. Air mineral bertagline healthy and freshing itu diangkut langsung dari posko mereka di Jubung Lor oleh para pengurus dari masing-masing kecamatan.

“Sebagai sesama bagian dari civitas akademika Universitas Airlangga, Dokter Meva dan Dokter Faida tidak hanya membagikan keilmuannya namun juga bisa kami rangkum sebagai bagian dari dedikasi kami di bulan Ramadan ini kepada jamaah Masjid dan Mushola,” ungkap M.Apdul Vaqih, Wakil Kepala Sekretariat RSF Jember kepada awak media kemarin.

Air mineral dengan sedotan super jumbo ini dibagikan dengan target 5 dus untuk mushola dan 10 dus untuk masjid. Dari database yang baru masuk ada Masjid An-Nur Dusun Ajung Desa Ajung Kecamatan Ajung dengan pengasuh Ustad Taufik Gunawan, Masjid At-Tin Dusun Krajan Desa Sumberjati Kecamatan Silo yang takmirnya bernama Haji A’ang Junaidi, Masjid Miftahul Arifin Dusun Sumberpinang Desa Karangharjo Kecamatan Silo pimpinan Kiyai Mahmud Syam, Masjid At-Taqwa Jalan Argopuro Desa Rambigundam Kecamatan Rambipuji yang langsung diterima Gus Erfan dan Masjid Al-Hikmah Jalan Argopuro Desa Rambigundam Kecamatan Rambigundam oleh Ustad Umar.

Air mineral yang diproduksi Lisa Jaya Mandiri Food itu berlabel SNI dengan kode LS PRO-011-IDN. Rumah Sahabat Faida mengaku akan terus membagikan produk tersebut sampai hari raya lebaran tiba. “Tim sekretariat kami akan terus merekapitulasi data masjid dan mushola dari Posko RSF yang di kecamatan,” imbuh Vaqih yang pada saat wawancara ditemani fungsionaris lainnya.

RSF atau Rumah Sahabat Faida adalah organisasi massa yang didirikan Aliem Koko, aktivis gaek jebolan LSM Elpamas Jember. Melalui tangan dinginnya, ratusan pengurus desa dan kecamatan selalu tampak kompak dalam gelaran event safari Ramadan tahun 2022 ini. Selain berbagi air mineral, ormas ini juga punya kalender jadwal berbagi takjil dan Sembako di 20 titik kumpul dari 31 kecamatan yang ada di Jember Terbina. dr.Hj.Faida,MMR, Bupati Jember periode 2016-2021 rupanya masih punya pengaruh besar untuk masyarakat Jember. Selain rutinitas operasi katarak dan bibir sumbing gratis, Ibu dari Abdul Malik Akmal dan Abdurrahman Akthar juga kerap menggerakkan simpatisannya pada kegiatan Baksos Sembako dan bedah rumah.

Sementara media ini belum mendapat konfirmasi resmi dari CEO RS Bina Sehat Jember dan RS AL HUDA Genteng itu. Namun perempuan kelahiran Malang 19 September 1968 yang sempat mondok di Pondok Pesantren Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo itu menelpon Kabiro RadarOnline Jember dan mengundang buka puasa bersama di akhir bulan Ramadan nanti.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button