Headline

Indikator Politik Indonesia Rilis Hasil Survey Terbaru: Erick Thohir Paling Diinginkan Sebagai Cawapres di Jatim

SURABAYA – Holili, M.Ag Direktur Political Education Center (PEC) Jawa Timur, mengumumkan hasil survei terbaru yang dilakukan oleh Indikator Politik Indonesia pada Minggu (1/10/2023) dengan judul “Signifikansi Nahdlatul Ulama (NU) dan Peta Elektoral Jelang Pemilu 2024 di Jawa Timur (Jatim).” Survei ini mengungkapkan preferensi warga Jawa Timur terhadap calon wakil Presiden (cawapres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil survei tersebut menunjukkan bahwa Erick Thohir menjadi figur yang paling diinginkan oleh warga Jawa Timur sebagai cawapres. Dalam simulasi dengan 19 nama semi terbuka, Erick menduduki posisi pertama dengan perolehan 17,2 persen suara. Diikuti oleh Khofifah Indar Parawansa dengan 15,1 persen dan Mahfud MD dengan 11,5 persen.

Menariknya, Holili juga menyampaikan bahwa Erick Thohir memiliki dukungan kuat dari pemilih NU di Jatim. Sebanyak 16,8 persen warga Muslim di Jatim yang termasuk pemilih NU menyatakan mendukung Erick sebagai cawapres, disusul oleh Khofifah dengan 15,6 persen, dan Mahfud MD dengan 11,4 persen. Bahkan, untuk warga NU di Jatim, Erick memperoleh 16,1 persen dukungan, bersaing ketat dengan Khofifah yang mendapatkan 16,9 persen.

Holili menekankan bahwa Erick Thohir terbukti kompetitif dan diterima oleh berbagai kalangan di Jatim. Misalnya, 19,9 persen warga Muhammadiyah di Jatim memilih Erick, unggul telak dibandingkan dengan Khofifah dan kandidat lainnya. Bahkan, di kalangan ormas Islam lain dan yang tidak terafiliasi dengan ormas Islam di Jatim, Erick juga mendapatkan dukungan signifikan. Sebanyak 18 persen responden dari ormas Islam lain dan 19,5 persen dari responden yang tidak terafiliasi dengan ormas Islam mana pun memilih Erick sebagai cawapres.

Holili juga mencatat bahwa keinginan warga Jatim ini didasarkan pada popularitas Erick Thohir di kalangan anak muda dan emak-emak. Selain itu, Erick memiliki kedekatan emosional dengan ulama NU di Jawa Timur, yang juga menjadi faktor penentu dalam preferensi pemilih. Holili menyimpulkan bahwa Erick Thohir memiliki potensi besar untuk menjadi penentu kemenangan dan pendorong suara dari pemilih Jawa Timur, yang saat ini menjadi wilayah penting dalam Pilpres 2024.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button