HeadlineHukum dan Peristiwa

Group WA Jadi Saluran Konten Fitnah, Warga Rosong Gelisah Campur Marah

SUMENEP – Herman Dali, salah satu warga Desa Rosong Kecamatan Nonggunong Kabupaten Sumenep merasa menjadi korban pencemaran nama baik dan perbuatan tidak menyenangkan yang dilakukan oleh pemuda yang berinisial F, yang masih berdomisili satu desa dengan korban.

Tersebar di berbagai group whatsapps bahwa Herman dikabarkan seorang yang membantu sebuah hubungan perselingkuhan yang dilakukan seseorang yang tidak dia ketahui siapa.

“Nomer hp saya disebarkan di berbagi group WA yang ada di desa, saya di cap sebagai pelindung orang yang melakukan perselingkuhan di desa saya bahkan sering sekali saya diteror oleh nomor tidak di kenal yang sangat mengganggu aktifitas dengan berbagai ancaman kepada saya,” ucap Herman kepada media.

Herman juga pernah mendatangi rumah terduga pelaku untuk menjelaskan bahwa yang dituduhkan itu sangat tidak benar.

“Saya pernah mendatangi rumah terduga F yang beralamat Desa Rosong dengan RT.03/RW.03. yang satu desa dengan saya, untuk mengingatkan supaya tidak melakukan tindakan seperti ini lagi. Dan saya juga sempat mengingatkan juga kepada orang tua F, namun sampai sekarang masih membagikan nomor hp saya ke grup wa yg lain,” terang Herman kepada awak media melalui pesan WhatsAppsnya.

Atas kejadian ini Herman sangat merasa dirugikan secara moral dan akan melaporkan kepada pihak berwajib kalau kejadian ini tidak menemukan ujung pangkalnya atas dasar pencemaran nama baik dan perbuatan tidak menyenangkan yang diduga dilakukan oleh F.

Sementara itu Zainul Arifin, aktivis LBH BIN menyesalkan tindakan penyebar luasan informasi sepihak seperti yang terjadi di Sumenep. Dirinya khawatir hal tersebut bisa berakibat pada pelanggaran undang-undang ITE. “Tentunya aparat penegak hukum disana bisa lebih pro aktif agar bisa meminimalisir dampak negatif dari kemajuan teknologi masa kini. Peran keluarga dan tokoh agama juga dibutuhkan untuk saling mengingatkan untuk tidak terjerumus ke lubang fnah,” tandasnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button