HeadlineOlahraga

Gerak Kolosal Ribuan Pesilat Ramaikan 1 Abad PSHT di Jember

JEMBER, TI – Guyuran hujan yang sempat turun pada Sabtu (8/10/2022) siang hingga menjelang petang tidak menghalangi kemeriahan Peringatan 1 Abad PSHT (Persaudaraan Setia Hati Terate) yang digelar di Stadion Jember Sport Garden (JSG), sekitar 20 ribu lebih anggota PSHT serta perwakilan dari 10 perguruan silat yang ada di Jember, merayakan peringatan 1 Abad PSHT sekaligus peringatan Maulid Nabi.

Acara yang diisi dengan Muidhoh Hasanah (ceramah agama) serta lantunan solawat Nabi yang dipimpin oleh KH. Malik Sanusi asal Bondowoso ini juga dihadiri oleh ketua Umum PSHT Pusat Dr. R. Murjoko HW, ketua PSHT Jember Jono Wasinuddin serta jajaran Forkopimda Jember, diantaranya Bupati Jember H. Hendy Siswanto berserta Sekda dan Kapolres Jember AKBP. Hery Purnomo SIK. SH.

Dari pantauan media ini, sebelum lantunan solawat di kumandangkan yang diiringi seni hadrah oleh ratusan anggota PSHT, acara yang dimulai setelah bada isya ini juga menampilkan gerak kolosal yang dibawakan oleh ribuan pendekat PSHT yang memenuhi lapangan JSG, serta Seni Toyo yang ditampilkan oleh PSHT Ranting Wuluhan.

Bupati Jember H. Hendy Siswanto, dalam kesempatan tersebut menyatakan, melihat kerukunan antar perguruan silat di Jember seperti yang tersaji malam ini, pihaknya sangat mendukung dan berharap bisa dipertahankan kerukunan ini.

“Kegiatan positif seperti ini, Pemkab Jember akan selalu mendukung semua kegiatan PSHT, tidak hanya PSHT saja, tapi seluruh perguruan silat akan kami bantu, kegiatan positif akan selalu kami support, kalau kegiatan dilakukan dengan hati (ikhlas), maka akan menjadi kekuatan yang istimewa dalam jiwa kita,” ujar Bupati Hendy yang juga mendapat tanda warga kehormatan PSHT pada acara tersebut.

Bupati juga mengucapkan selamat kepada PSHT yang telah mencapai usia 1 abad ini, dimana hal ini menunjukkan jika pendekar PSHT ikut andil dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah, dan ikut membangun lahirnya negeri ini.

“Di usia yang sudah 1 abad ini, tentu kiprah PSHT dalam memperebutkan kemerdekaan tidak bisa dipandang sebelah mata, tentu juga banyak pahlawan kemerdekaan yang lahir dari PSHT, oleh karenanya, mari kita rawat kemerdekaan ini dengan kerukunan dan sama-sama menjaga keutuhan NKRI,” ujar Bupati.

BACA JUGA : https://transindonesia.net/peringatan-1-abad-psht-dihadiri-ribuan-pendekar-bupati-jember-kami-siap-bantu-perguruan-silat/

Sementara dalam tausiahnya, KH. Malik Sanusi menitipkan pesan kepada ribuan warga PSHT Jember khususnya, agar semakin memperkokoh tali persaudaraan dengan ajaran PSHT yaitu ajaran Budi Luhur. “Warga PSHT di Jember harus semakin memperkokoh tali persaudaraan, dengan ajaran PSHT yaitu ajaran Budi luhur, jaga kerukunan dan ciptakan kedamaian,” pungkas KH. Malik Sanusi. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button