Hobi

Esnew Ensembel Grup Musik Etnik Anak Muda Belitung, Tampil di Maroko dan Mendapat Penghargaan dari Walikota Marrakech & Presiden APF

Tanjungpandan, transindonesia.net – Esnew Ensembel grup musik Etnik anak muda yang beranggotakan Darta Meilando, S.Sn. atau biasa dikenal dengan panggilan Edo yang merupakan pimpinan Esnew Ensembel, kemudian Rendi, Ado. Darwin,Diar dan juga Beben baru-baru ini telah membawa harum nama Belitong di kancah Internasional.
Esnew Ensembel berdasarkan wawancara khususnya via telpon seluler, menjelaskan kepada awak media, bahwa grup Esnew Ensembel yang dipimpinnya, baru saja melakukan pertunjukan di Maroko, berdasarkan hasil seleksi Kurasi yang diadakan oleh pemerintah Maroko.
Ensembel atau ansambel adalah berasal dari kata perancis ensemble yang berarti rombongan musik atau kelompok musik, Dengan kata lain, ansambel dapat diartikan sebagai bermain musik secara rombongan atau bersama-sama dengan memadukan beberapa alat musik sekaligus.
Mula mula dibentuk pada tahun 2016, dengan formasi pemain yang masih bongkar pasang, dan baru pada 2019 Esnew Ensembel menemukan formasi pemain yang cocok dan bertahan hingga sekarang ini, Esnew Ensembel biasanya melakukan latihan di sekretariat atau sanggarnya yang ada di dua tempat, yakni di Pagar Alam dan Prinada Studio.
“Aliran musik kami tradisional bang dengan pengembangan, atau dikenal dengan istilah Ethnomusicology, musik tradisional yang kami angkat berbasiskan musik Belitong juga, kami arransemen ulang, dengan musik yang dihasilkan dari perpaduan berbagai alat musik, seperti Gambus, Biola, Akordion, Perkusi dan lain sebagainya” jelas Edo sang musisi muda.
Kepedulian Edo dan kawan kawannya yang tergabung dalam Esnew Ensembel untuk mengangkat budaya musik tradisional Belitong ternyata mendapatkan apresiasi dan antusiasme para tamu yang hadir dari berbagai negara dalam pertunjukan musik di Maroko tersebut.
Edo dan kawan-kawan Esnew Ensembelnya mengaku sangat berterimakasih atas support langsung dari berbagai pihak, seperti Kemendikbudristek RI, sanggar MGG Belitung, srijayanasa dance school, Trinada Studio, Wakil Bupati kabupaten Belitung, serta Sanggar Pelita Budaye dan Sanggar Ligat yang telah memberikan bantuan langsung berupa Kostum dalam banyak agenda kebudayaan, dan juga tentunya dukungan dari segala pihak yang mendukung secara tidak langsung segala kegiatan Esnew dan Ensembel.
Beberapa Pengurus Ikatan Keluarga Masyarakat Belitong (IKMB) dalam diskusi Grup Whatsapp-nya, seperti Ketua Umum IKMB Azhar Achmad, Ketua Harian IKMB Dodi Yuristian, dan pengurus lainnya seperti Ian Sancin Budayawan, Fithrorozy Budayawan, Yudi Denan Cepoon Owner dan lain lainnya, turut mengucapkan selamat atas prestasi yang telah ditorehkan oleh Esnew Ensembel dalam mengangkat nama Belitong melalui musiknya. ( Haryadi )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button