Desa

DKJ Sumberjambe Minta Seni dan Budaya Masuk dalam Anggaran Dana Desa

JEMBER – Dalam sebuah acara yang mengundang perhatian para pecinta seni dan budaya tradisional, Ashari, yang menjabat sebagai Ketua Dewan Kebudayaan daerah Sumberjambe, telah hadir dalam Workshop Kebudayaan yang diselenggarakan oleh Ibu Hari Putri Lestari, seorang tokoh terkemuka di bidang seni dan budaya, di Hotel Aston Jember pada hari Selasa, 29 Agustus 2023.

Dalam workshop yang dihadiri oleh lebih dari seratus peserta dari berbagai lapisan masyarakat, Ashari memaparkan pandangannya tentang pentingnya mendukung pengembangan seni dan budaya tradisional dalam anggaran dana desa. Dengan pengetahuannya yang luas tentang kebudayaan lokal, Ashari menyampaikan bahwa seni dan budaya tradisional merupakan warisan berharga yang perlu dilestarikan dan dikembangkan agar tidak hilang ditelan arus modernisasi.

“Dalam anggaran dana desa, kita harus memberikan ruang yang cukup untuk mendukung berbagai kegiatan seni dan budaya tradisional,” kata Ashari dengan penuh semangat. “Hal ini tidak hanya akan meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap warisan budaya kita, tetapi juga dapat menciptakan peluang ekonomi baru dalam bentuk kerajinan tangan, pertunjukan seni, dan wisata budaya.”

Ibu Hari Putri Lestari, yang telah dikenal sebagai advokat utama pelestarian seni dan budaya di wilayah ini, juga berbicara dalam acara tersebut. Beliau memberikan apresiasi tinggi atas kehadiran Ashari dan dukungannya terhadap pengembangan kebudayaan. “Kita harus mengakui bahwa kekayaan budaya suatu daerah adalah aset berharga yang bisa menjadi daya tarik bagi pariwisata serta memberikan identitas yang kuat bagi masyarakatnya,” ujar Ibu Hari.

Workshop ini tidak hanya berfokus pada diskusi panel dan presentasi, tetapi juga menyediakan sesi praktis bagi peserta untuk mencoba sendiri berbagai kegiatan seni tradisional seperti tari, musik, dan kerajinan. Peserta diberi kesempatan untuk belajar langsung dari para ahli dan praktisi di bidang tersebut, termasuk beberapa seniman lokal terkenal.

Pertemuan ini diharapkan dapat menjadi tonggak penting dalam meningkatkan perhatian terhadap seni dan budaya tradisional di wilayah Sumberjambe. Dukungan Ashari dan komitmennya untuk memasukkan aspek seni dan budaya dalam anggaran dana desa dapat menjadi inspirasi bagi daerah-daerah lain untuk mengadopsi pendekatan serupa dalam melestarikan kekayaan budaya lokal.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button