BirokrasiHeadline

Dandim Pantau Pelaksanaan Pilkades dan Gelar Vidcon dengan Dirjen

PROBOLINGGO, TI – Dandim 0820/Probolinggo Letkol Arh Arip Budi Cahyono bersama jajaran Forkompinda Kabupaten Probolinggo mengikuti video conference dengan Dirjen Bina Pemerintahan, sekaligus memantau pelaksanaan pemungutan suara dalam pelaksanaan pemilihan Kepala Desa Pabean Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo.

Dandim 0820/Probolinggo Letkol Arh Arip Budi Cahyono menyampaikan bahwa pihaknya akan selalu berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk membantu membackup pengamanan dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa.

”Kami juga mendapat bantuan pasukan tambahan dari Yonif 527 yang kami tempatkan di beberapa titik agar setiap saat siap digerakan untuk mengantisipasi perkembangan situasi,” kata Letkol Arh Arip Budi Cahyono.

Menurut Dandim berdasarkan data yang disampaikan rekan dari Polres Probolinggo dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa di wilayah Kabupaten Probolinggo yang saat ini sedang berlangsung ada sekitar 309 titik TPS yang dikategorikan cukup rawan. Untuk itu, kata Dandim, bersama dengan jajaran Polres Probolinggo mereka sudah lakukan pendekatan sehingga daerah rawan itu bisa dikurangi.

”Pembagian aparat keamanan kita sebar sesuai dengan titik rawan dan kita siapkan pasukan keamanan di setiap kecamatan sebagai backup yang setiap saat siap digerakkan. Kami juga dibantu oleh Polres Probolinggo sudah menempatkan aparat ditempatkan di setiap desa yang melaksanakan pemilihan kepala desa untuk membantu keamanan dan ketertiban,” ujarnya.

Lebih lanjut Dandim mengungkapkan bahwa kegiatan vidcon ini bertujuan untuk melihat jalannya pemantauan pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak dan mendengarkan arahan dari pemerintah pusat terkait pelaksanaan Pilkades. Hari ini, kata Dandim, pihaknya memantau secara langsung ke lapangan perkembangan situasi yang ada dan sekaligus memantau lewat zoom meeting dari Pendopo Kabupaten Probolinggo.

“Terkait covid Omicron yang semakin meluas kami berharap agar diwaspadai dengan selalu tekankan 5 M dalam pelaksanaan Pilkades agar bisa memutus rantai penyebaran covid dan tetap menjaga stabilitas keamanan dalam pelaksanaan Pilkades,” tandasnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button