Hukum dan Peristiwa

AST Law Firm dan LSM Ampuh Monev TKD Tegalwaru di Curahmanis

JEMBER – Tanah Kas Desa (TKD) Desa Tegalwaru Kecamatan Mayang ada yang berlokasi di Dusun Curahmanis Desa Sidomulyo Kecamatan Silo. TKD sebagai aset pemerintah desa menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Desa. Pemanfaatannya harus sesuai Permendagri Nomer 1 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Aset Desa.

Apabila masih ada hasil pemanfaat TKD tidak masuk kas desa, maka karena itu sumber keuangan desa yang merupakan keuangan negara sehingga apabila tidak masuk Rekening Kas Desa merupakan kesalahan administrasi. Apabila dalam penggunaan keuangan desa ada penyelewengan dan berakibat kerugian negara hal tersebut masuk pada ranah tindak pidana korupsi.

Advokat muda dari AST Law Firm, Ali Safit Tarmizi,SH,MH, melakukan monitoring TKD Desa Tegalwaru dan evaluasi kondisi terkini bersama LSM AMPUH ke Dusun Curahmanis pada Senin (3/10) kemarin. Kehadiran mereka disana bersama Kades Tegalwaru, Haryanto, juga didampingi Toheri, tokoh masyarakat setempat.

“Saya sangat mengapresiasi langkah dan gerakan Toheri sebagai tokoh masyarakat yang berada di garda terdepan untuk menetralisir keadaan di Curahmanis. Sebagaimana surat pernyataan Toha, selaku mantan Kades Tegalwaru bahwa beberapa bidang tanah yang berlokasi disini adalah tanah kas Desa Tegalwaru,” papar Advokat Safit kepada wartawan media ini.

Menurut Safit, Toheri selaku tomas juga sangat meyakini bahwa beberapa bidang tanah yang berada di Dusun Curahmanis merupakan aset Desa Tegalwaru. Toheri bersama simpatisannya juga mendukung langkah-langkah Haryanto, selaku Kades Tegalwaru untuk memperjuangkan kembali tanah kas desa tersebut agar kembali dikelola Pemerintah Desa Tegalwaru.

“Perjuangan ini saya niatkan ibadah untuk turut serta mensejahterakan masyarakat Desa Tegalwaru. Karena prinsip saya, mundur satu langkah kafir,” tandas Toheri yang saat wawancara ini didampingi Advokat Safit.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button