HeadlineHukum dan Peristiwa

Aroma Rasuah Dana Sekolah, LSM GAPURA Sudah Lapor Polres

JEMBER, TI – Suasana awal bulan Juni tahun ini digebrak dengan kabar tak sedap yang muncul dari lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Jatim. LSM GAPURA (Gabungan Putra Nusantara) sebagai salah satu elemen senior aktivis Jember melaporkan Direktur CV Rukun Jaya dan oknum pejabat dinas tersebut ke Polres Jember.

“Itu terkait pengadaan buku best seller berjudul Inovasi Kepala Sekolah dan Critical Thinking Skill&Conceptual Understanding yang berasal dari dana Biaya Penunjang Operasional Penyelenggaraan Pendidikan (BPOPP) Provinsi Jawa Timur tahun anggaran 2020/2021,” ungkap penasehat hukum LSM GAPURA, Wigit Prayitno,SH, saat jumpa pers dikantornya, didampingi sejumlah aktivis Jember utara (4/6).

Wigit menilai pengadaan buku untuk para kepala sekolah SMA/SMK/SLB C se-Kabupaten Jember tersebut tidak wajar. “Kasus pengadaan buku Inovasi Kepala Sekolah dan Critical Thinking Skill&Conceptual Understanding di SMA/SMK/SLB C se-Kabupaten Jember ini kita laporkan ke Polres Jember dengan nomer laporan B/976/VI/2021 tertanggal 4 Juni 2021,” tegasnya.

Advokat Wigit mengaku heran dengan fakta satu judul buku harus dibeli 30 eksemplar oleh kepala sekolah dengan harga per buku Rp.180 ribu. “Jika ada dua judul, maka kepala sekolah harus membeli 60 eksemplar buku dengan total harga Rp. 10,8 juta,” jelasnya.

Padahal, lanjut Wigit, kepala sekolah tersebut seharusnya cukup membeli 2 buku dengan judul berbeda. Dan buku tersebut dibaca sendiri oleh Kepsek untuk meningkatkan kompetensinya. “Untuk apa seorang kepala sekolah harus membeli buku berlipat ganda dengan judul yang sama. Kasus ini bisa di kroscek ke semua SMA/SMK/SLB C naungan Dinas Pendidikan Provinsi Jatim,” geramnya.

Advokat Wigit Prayitno dan LSM GAPURA menyerahkan sepenuhnya tindak lanjut dan perkembangan kasus ini kepada pihak penegak hukum. “Kita tunggu informasi dari penyidik Polres, nanti kawan-kawan media juga bisa mengawal,” tandasnya. (rick)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button