BirokrasiHeadline

Apakah Emil Dardak Menemukan Perwira di Madura?

PAMEKASAN, TI – Pamekasan, Madura, menjadi kabupaten terakhir dalam rangkaian kegiatan Roadshow ‘Mencari Perwira atau Pemuda Wirausaha’ tahun 2021. Menutup kegiatan tersebut, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak memberikan motivasi kepada 20 peserta seminar dan roadshow ‘Mencari Perwira’ dari berbagai daerah di Madura, yang dilaksanakan di Gedung Bakorwil Pamekasan.

Wagub Emil menyampaikan, meski ditengah kasus lonjakan kasus Covid-19 di Pulau Madura, khususnya di Kabupaten Bangkalan, program Perwira yang merupakan kerjasama antara berbagai pihak dengan pemerintah Provinsi Jawa Timur ini, dapat memberikan semangat baru kepada pemuda-pemuda di Madura untuk tetap yakin dan optimis akan pemulihan ekonomi.

“Perwira ini adalah sebenarnya bukan program dari goverment, tetapi teman-teman yang aktif di start up dan komunitas wirausaha, komunitas coworking space, yang kemudian mereka semua ingin ada program yang khusus menjawab ke khawatiran pemuda -pemuda di Jatim, yaitu bagaimana masa depan kita dengan semakin berkurangnya lapangan kerja dari perusahaan. Maka jawabannya cetak lebih banyak wirausaha yang menciptakan lapangan kerja,” jelas mantan Bupati Trenggalek tersebut.

Lebih lanjut Emil menambahkan, saat ini kebutuhan lapangan kerja setiap perusahaan menjadi sedikit, dikarenakan adanya teknologi. Hal inilah yang membuat Pemprov Jatim mendukung adanya Perwira yang dianggap menjadi inisiatif baik bagi pemuda, dengan diwujudkan melalui roadshow 8 kabupaten/kota yang ada di Jawa Timur.

“Untuk kemudian memastikan kesempatan ini terbuka diseluruh wilayah Jatim bukan hanya dikota besar saja,” imbuh Emil.

Wagub Emil menyampaikan, jika dirinya melihat potensi wirausaha muda di Kabupaten Pamekasan. Pamekasan dipilih sebagai salah satu wilayah untuk dilakukannya roadshow ‘Mencari Perwira’ 2021 dikarenakan kesempatan ini tidak hanya dieksklusifkan di kota besar.

“Setiap penjuru memaksimalkan potensi dengan seluas-luasnya. Pamekasan diharapkan dapat mendongkrak kehadiran titik temu para pemuda yang inovatif,” kata Emil.

Dikesempatan yang sama, Wagub Emil juga menjelaskan, jika roadshow Perwira di Pamekasan ini merupakan hal yang menarik, ditengah informasi yang cukup intensif mengenai meningkatnya jumlah kasus Covid-19. Dalam diskusi yang dilakukan dalam roadshow tersebut, Emil menanggapi adanya masukan dari pelaku usaha mengenai pembatasan akibat meningkatnya jumlah kasus akibat pandemi di Madura.

“Tapi kami sampaikan kedaruratan situasi yang kita hadapi di Kabupaten Bangkalan, dan Alhamdulilah teman-teman bisa mengerti dan akan saling bahu membahu gotong-royong untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. Utamanya bekerjasama dalam proses tracing,” kata Emil.

Lebih lanjut Emil menjelaskan, adanya proses tracing akan memudahkan untuk memperoleh data yang lebih akurat mengenai kondisi penyebaran Covid-19. Dirinya berharap, dengan adanya pemetaan tersebut akan membantu pihaknya untuk membuat perubahan terkait kebijakan pembatasan pergerakan.

“Ini bisa dipahami bersama karena kita tahu bahwa kenyataaanya terjadi peningkatan rujukan ke rumah sakit. Artinya ini bukan masalah positif-tidak positif (Covid-19), artinya badannya sakit dan ini sesuatu yang sangat kita hindari jangan sampai ada masyarakat kita yang tidak tertangani,” ujar Emil.

Bagi Emil, tindakan yang dilakukan oleh pemerintah daerah saat ini untuk mencegah penyebaran yang berdampak pada peningkatan kasus Covid-19, merupakan bentuk kepedulian, terutama di wilayah Bangkalan, Madura.

“Ini situasi nyata yang kita hadapi terutama Kabupaten Bangkalan, tapi kita semua sayang dengan Bangkalan dan akan bekerja keras untuk kemudian bisa segera membuat situasi lebih terkendali di Bangkalan,” kata Emil.

Sebelumnya, roadshow ‘Mencari Perwira’ dilakukan diberbagai daerah, dimulai dari kota Surabaya, Malang, Bojonegoro, Kediri, Madiun, Ngawi, Jember, dan terakhir Pamekasan. Nantinya, bagi para peserta yang berminat dapat melakukan pendaftaran di website menjadiperwira.com. Pendaftarannya pun akan ditutup pada tanggal 20 Juni 2021.

Mengambil tema ‘Wirausaha Muda Sebagai Penggerak Pemulihan Ekonomi Nasional dan Kebangkitan Ekonomi Jawa Timur,’ Perwira akan menjaring ratusan anak muda dari seluruh Jawa Timur, yang memiliki kapasitas sebagai seorang wirausaha yang ingin meningkatkan jejaring usahanya serta meningkatkan kompetensi dan kapasitasnya sebagai seorang wirausaha.

Ketua Panitia Perwira 2021 Nuryadi menambahkan, Perwira merupakan program resolusi bisnis yang tidak dipungut biaya. Menariknya, nantinya para finalis Perwira akan di mentori oleh 4 advisor mengenai kewirausahaan, salah satunya ialah Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak.

“Di Perwira inilah, para pemuda akan belajar bersama dengan para advisor dan mentor untuk menjadi entrepreneur sukses sekaligus bermanfaat di masyarakat,” jelas Nuryadi. (*)

 

Penulis : Ricky

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button