Gaya HidupHeadline

Andreawan, Anak Kepala Desa yang Punya Beragam Bidang Usaha

JEMBER, TI – Toko Bangunan berbadan hukum UD. Surya Mandiri berlokasi di Jalan Merak Desa Jubung Kecamatan Sukorambi adalah salah satu usaha milik Andreawan (29), pengusaha lokal, putra sulung Kades Glagahwero Panti. “Toko ini adalah salah satu trik keluarga saya untuk mengantisipasi meredupnya bisnis kayu di masa depan,” ungkap pria flamboyan yang sempat mengecap bangku kuliah di Fakultas Ekonomi jurusan Studi Pembangunan Unej.

Usaha alumnus SMA 3 Muhammadiyah Jember ini lumayan banyak, selain toko bangunan, ada penggergajian kayu, gilingan batu, kolam ikan berupa produksi dan pembibitan. “Saya juga ada bisnis angkutan, truck, pick up dan tossa roda tiga,” ucapnya kepada wartawan.

Wawan, panggilan akrab pelaku bisnis UMKM ini, menceritakan peran Sang Bapak, yang sangat berpengaruh dalam jalan hidupnya. “Setiap usaha ada pembukuannya masing-masing, walaupun duit kecil tapi harus detail, tertib administrasi,” tegasnya. Dengan perlakuan disiplin terhadap keuangan seperti ini maka kebocoran neraca bisa segera diketahui dengan cepat.

Kehadiran galvalum dan kusen cor sangat berpengaruh terhadap bisnis kayu di masa depan. Ketersediaan bahan baku juga punya peranan negatif terhadap keberadaan pedagang kayu. “Saya fokus menggarap meubel, kalau ke kayu lapis (sengon laut-red) saya gak garap,” paparnya.

Sementara belasan kolam ikan yang dikelola Wawan semuanya masuk dalam wilayah Desa Glagahwero. Desa itu terdiri dari 7 dusun, Karangasem Timur, Karangasem Tengah, Karangasem Barat, Krajan, Plalangan, Kebundurin dan Dusun Kesean. “Kami sedia bibit lele, gurame, nila dan koi,” tandasnya.

Untuk menghubungi Wawan bisa di nomer hape 082338732327, segala bentuk layanan usaha yang sudah disampaikan bisa langsung menghubungi kontak tersebut.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button