Hukum dan Peristiwa

Agar Tak Lagi Meresahkan Warga, Akhirnya MY Dibawa ke RS Ernaldi Bahar

OGAN KOMERING ILIR – Agar tak lagi meresahkan warga, akhirnya MY (42) yang merupakan orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) tinggal di 003 Desa Belanti Kecamatan SP Padang Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) ini, dibawa ke RS Ernaldi Bahar Palembang, Jumat (22/12/2023).

“Ya betul tadi pagi sekitar pukul 10.00 WIB, Bhabinkamtibmas Polsek SP Padang Brigpol Harun Al Rasyid laksanakan giat pengawalan terhadap ODGJ yang ada di desa binaan, dan dibawa ke RS Ernaldi Bahar Palembang,” ujar Kapolsek SP Padang AKP Budhi Santoso SH.

Hal itu dilakukan, kata dia, karena warga resah atas ulah ODGJ itu. Mulai dari awal Desember 2023, IRT yang mengalami gangguan jiwa tersebut sering mengamuk dan ada beberapa rumah warga atau tetangga yang sempat dipecahkan kacanya.

“Karena telah sering kali, oleh warga sekitar lingkungan tempat tinggal ODGJ, kejadian itu dilaporkan ke bantuan polisi (banpol). Maka kita carikan solusi permanen, jangan sampai kejadian tersebut berulang kembali,” tandas dia.

Lanjut dia, lalu pihaknya menemui keluarga yang bersangkutan untuk mengimbau ODGJ itu dibawa ke rumah sakit jiwa agar diobservasi dan diobati. Hasil pertemuan, rupanya keluarga tidak mampu dan ODGJ tersebut belum memiliki kartu BPJS Kesehatan.

“Keluarga tak punya biaya untuk bawa ODGJ berobat, lalu kita berkoordinasi dengan kades agar bantu pengurusan BPJS dimaksud. Akhirnya kurang lebih 2 pekan, BPJS ODGJ telah selesai dibuat,” terang dia.

“Lalu oleh Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas, ODGJ didampingi keluarganya dikawal untuk dibawa berobat ke RS Ernaldi Bahar. Selanjutnya diserahkan ke pihak dokter dan langsung diberi tindakan,” pungkasnya.( Alv )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button